Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa adalah kue kering yang berasal dari Betawi. Tentunya Moms yang tinggal ataupun berasal dari daerah Betawi dan sekitarnya sudah tidak asing lagi mendengar kue akar kelapa. Kue akar kelapa ini merupakan suatu kewajiban pada saat lebaran, bahkan di acara-acara hari raya lainnya. Nama akar kelapa awalnya diambil karena bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Selain bentuk yang mirip dengan akar kelapa, daya tarik kue kering satu ini berasal dari rasa gurih dan manis yang dimilikinya. Bahan dasar kue akar kelapa ini antara lain tepung beras putih, kelapa, tepung sagu dan bahan lainnya.

Kue Akar Kelapa

Resep Kue Akar Kelapa

Bahan-bahan:

  • 500gr tepung ketan
  • 125gr gula pasir
  • 150ml santan
  • 2 butir telur
  • 100gr margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilli
baca juga

Cara Membuat Kue Akar Kelapa

Cara membuat:

  1. Pertama, Moms bisa kocok lepas telur lalu tambahkan gula pasir dan vanili ke dalam telur yang sudah dikocok.
  2. Siapkan wadah untuk memasukkan tepung kentang. Buat lubang di tengah adonan tepung ketan tujuannya agar adonan lebih merata. Ditengahnya masukkan kocokan telur, gula, dan vanilli. Setelah itu diaduk rata.
  3. Langkah selanjutnya yaitu tambahkan mentega dan santan sedikit demi sedikit sampai merata.
  4. Setelah adonan sudah menjadi satu, masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa. Apabila Moms tidak memiliki cetakan kue akar kelapa bisa juga menggunakan piping bag yang sudah dipotong ujungnya dan diberi cetakan bintang.
  5. Lalu seprotkan adonan di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan menggunakan api kecil saja sampai kue akar kelapa matang kecoklatan.
  6. Lakukan sampai semua adonan habis, angkat dan tiriskan.
  7. Kue akar kelapa sudah siap untuk disajikan