1. Adaptasi Kebiasaan Pasangan

Hai, Pengantin Baru! Ini 5 Tantangan di Awal Pernikahan yang Akan Kalian Hadapi
source: https://www.sadhguru.org/

Tiap pasangan memiliki kisah pertemuan yang berbeda. Namun, bagaimana pun semua ini bermula, proses adaptasi kebiasaan, watak, dan karakter tetap harus dijalani oleh semua pasangan. Pasalnya, meskipun sudah berpacaran bertahun-tahun, kamu akan menemukan seseorang yang berbeda dalam hubungan satu rumah, satu kamar, dan satu ranjang. Akan ada banyak hal baru yang akan ditemukan, baik itu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Namun itu semua mudah dilalui, dan kunci untuk menghadapinya adalah dengan saling memahami dan komunikasi.

2. Membuat Kesepakatan Dalam Hubungan

Hai, Pengantin Baru! Ini 5 Tantangan di Awal Pernikahan yang Akan Kalian Hadapi
source: https://www.schaefer-bewertung.de/

Konflik antara suami istri dapat terjadi karena adanya kesalahpahaman dalam hubungan suami istri. Hal ini juga dipengaruhi oleh perilaku masing-masing pihak yang terkadang tidak sesuai dengan harapan pasangannya. Untuk itu, komunikasikan dengan pasangan mengenai kesepakatan dalam hubungan. Menanamkan nilai-nilai kejujuran dan keterbukaan akan membantu hubungan menjadi lebih harmonis.

baca juga

3. Membagi Tanggung Jawab Pekerjaan Rumah

Hai, Pengantin Baru! Ini 5 Tantangan di Awal Pernikahan yang Akan Kalian Hadapi
source: https://www.klafs.de/

Di sisi lain, ada pula konflik yang terjadi karena kesalahpahaman tentang kontribusi dalam urusan rumah tangga. Buatlah kesepakatan mengenai tanggung jawab untuk urusan rumah tangga. Ingat, hubungan suami istri adalah hubungan rekan yang setara di mana keduanya memiliki kewajiban yang sama dalam mengurus rumah tangga. Hal ini tentu disesuaikan dengan beban masing-masing. Misal, jika suami bekerja dan istri di rumah maka istri yang mengurus segala keperluan rumah. Sedangkan jika keduanya bekerja, bagilah pekerjaan dan urusan keperluan rumah secara adil.

4. PDKT Dengan Mertua dan Ipar

Hai, Pengantin Baru! Ini 5 Tantangan di Awal Pernikahan yang Akan Kalian Hadapi
source: https://www.verbraucherzentrale.de/

Pernikahan bukan hanya penyatuan dua individu, melainkan dua keluarga. Ungkapan tersebut pasti sudah sangat sering Mommy dengar. Sayangnya, menyatukan hati dengan mertua dan ipar terkadang tidak semudah itu. Rasa cemburu dari ibu mertua atau ipar yang sering mengkritik membuat sebagian pasangan mengalami konflik. Pastikan Mommy menghadapinya bersama dengan pasangan. Ungkapkan apa yang Mommy rasakan dan buatlah strategi untuk solusi kedepannya bersama pasangan.

baca juga

5. Adaptasi Finansial

Hai, Pengantin Baru! Ini 5 Tantangan di Awal Pernikahan yang Akan Kalian Hadapi
source: https://www.studentensteuererklaerung.de/

Terakhir, kita semua tahu bahwa masalah finansial kerap menjadi persoalan terbesar yang menyebabkan perceraian. Itulah sebabnya, terbuka secara finansial sejak awal akan sangat membantu Mommy dan pasangan untuk merencanakan kehidupan ke depan yang lebih matang. Tiap pasangan juga perlu mengenal karakter dan perilaku finansial dari pasangannya. Hal ini penting untuk mencegah masalah-masalah keuangan seperti bangkrut atau terlilit hutang.

Nah, itulah lima tantangan awal pernikahan yang harus dihadapi di awal pernikahan. Meskipun tampak sulit, semua itu akan bisa dilalui dengan kekompakkan dari pasangan itu sendiri.