Kurma merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis dengan tekstur daging yang empuk. Kurma juga sangat baik bila dijadikan menu pertama kali saat berbuka puasa. Kurma dipercaya baik untuk melancarkan pencernaan, menjadi sumber energi, serta bagus untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Kurna tidak hanya memiliki 1 jenis lho moms. Berikut jenis-jenis kurma yang bisa moms pilih sesuai dengan selera dan keinginan moms.

Kurma Ajwa

Jenis kurma ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan warna yang lebih hitam, tidak seperti kurma pada umumnya. Selain itu, kurma ajwa hanya tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia.  

Kurma Ajwa
baca juga

Kurma Sukari

Berbeda dengan kurma ajwa, kurma sukari memiliki warna coklat gelap. Kurma sukari ini kaya akan kandungan zat besi, vitamin, dan mineralnya, sehingga cocok sekali disantap saat berbuka puasa. Kurma sukari juga baik untuk kesehatan gigi, meningkatkan nafsu makan, serta mencegah terjadinya pendarahan pasca melahirkan. Tapi, moms, kurma sukari menjadi salah satu kurma termahal di dunia, lho.

Kurma Sukari

Kurma Tunisia

Kurma tunisia memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping dari jenis kurma lainnya. Kalau untuk rasa, sama seperti kurma ajwa yakni tidak terlalu manis dan rasanya cenderung seperti kurma yang belum matang.

Kurma Tunisia
baca juga

Kurma Mazafati

Kalau kurma mazafati atau yang biasa dikenal dengan ‘Kurma Bam’ ini mayoritas tumbuhnya di Kerman, Iran. Bahkan kurma mazafati tahan disimpan hingga 2 tahun. Ukuran yang dimiliki kurma mazafati yakni sedang, memiliki warna gelap, dan rasa yang manis.

Kurma Mazafati

Kurma Halawi

Kalau moms suka dengan kurma yang manis, kurma halawi pun memiliki rasa yang sangat manis dan ukurannya kecil, serta tektur dagingnya yang lembut.

Kurma Halawi

Kurma Khidri

Kurma khidri menjadi salah satu kurma yang paling sering diekspor ke luar negeri, moms. Ciri-ciri kurma khidri berwarna coklat terang, kulit yang terlihat keriput, bertekstur kering, dan rasa yang manis.

Kurma Khidri