Sholat di awal waktu

Sholat di awal waktu adalah persiapan  pertama agar mendapatkan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar yang lebih mulia dari seribu bulan sungguh menyimpan banyak keutamaan dimana segala dosa diampuni dan setiap amalan di lipat gandakan. Siapa yang tak ingin mendapatkannya ya Moms?!

Maka dari itu, melakukan sholatlah awal waktu agar mendapat malam lailatul qadar. Sholat merupakan bentuk ibadah yang paling penting dalam kehidupan serta cara terbaik dekat dengan Allah. Karena sholat menjadi kunci utama mendapat keberkahan apalagi bila dilakukan diawal-awal waktu.

Jadi jika rajin melaksanakan sholat berjamaah di masjid pada waktu-waktu awal bulan Ramadhan hingga menjelang 10 hari berakhirnya bulan Ramadhan maka bukan hal yang tak mungkin bila Lailatul qadar dapat diperoleh. 

Raih Berkah Ramadhan, Ini Persiapan Menyambut Malam Lailatul Qadar

Dzikir

Selain sholat awal waktu, usahakan pula untuk memperbanyak ucapan dzikir. Dengan senatiasa mengingat Allah tentu hati akan semakin tenang ibadahpun akan khusyuk dan makin mendekatkan diri dengan Allah. Dengan begitu keberkahan malam Lailatul qadarpun dapat diraih
 
Membaca Al-Quran

Perbanyak membaca Al-Quran juga menjadi persiapan yang tak kalah penting untuk meraih malam lailatul qadar. Amalan ini bisa dilakukan untuk menyambut turunnya Lailatul Qadar, sebab sebagaimana mana diketahui pada malam lailatul qadar Alquran telah diturunkan.

Dengan memperbanyak tilawah Alquran di malam-malam Lailatul Qadar yaitu sepuluh hari terakhir maka kesempatan mendapat Lailatul Qadar semakin besar. Sebab di malam itu, malaikat akan turun bersamaan dengan berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Raih Berkah Ramadhan, Ini Persiapan Menyambut Malam Lailatul Qadar

Perbanyak Doa

Berdoa adalah amalan yang tidak terbatas untuk dilakukan. Dengan berdoa semakin mendekat hati kepada Allah. Selain itu doa membuat seorang muslim pun dapat melakukannya apa saja dan memperoleh apapun dari Allah. Ada salah satu doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dipanjatkan pada malam lailatu qadar yaitu:

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni"
Yang artinya, "Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pema’af mencintai kema’afan, maka ma’afkanlah daku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

Dengan memanjatkan doa tersebut InsyaAllah malam lailatul qadar akan didapatkan.
 

I'tikaf dan Menghidupkan Malam

I'tikaf yaitu berdiam diri di masjid untuk makin mendekatkan diri pada Allah SWT.  Untuk melakukan i'tikaf, harus dilandasi niat bersungguh-sungguh untuk bersimpuh mengingat Allah dan dilakukan hanya karena Allah. I'tiqaf akan mendamaikan hati dan menjauhkan diri dari cinta dunia.

Selain i'tikaf, menghidupkan malam dengan memperbanyak shalat sunnah, terus memanjatkan do’a, senatiasa membaca Al-Qur’an dan  dzikir akan memudahkan meraih keutamaan Lailatul Qadar, dimana setiap ibadah di dalamnya amalnya akan dilipat gandakan.

Malam lailatul qadar bisa jadi ladang amalan yang tidak akan bisa didapat di bulan lain, maka dari itu persiapkan diri dengan sebaik mungkin agar senantiasa memperoleh berkah dari Allah. Meskipun Allah yang menentukan pada siapa malam yang mulia itu diberikan, namun sebagai manusia Moms harus berusaha serta mengajak keluarga agar sama-sama meraih keberkahan.