Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Rahasia di Balik Malam Seribu Bulan

Apa Itu Malam Lailatul Qadar?

Malam Lailatul Qadar adalah malam dimana di turunkannya Alquran dan di malam itu segala ganjaran juga dilipat gandakan. Malam lailatul qadar biasanya terdapat pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

 
Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Banyaknya hadis yang disampaikan mengenai lailatul qadar tentu membuat Moms makin ingin tahu tentang keutamaannya. Keutamaan malam lailatul qadar yang pertama adalah merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Arti dari makna tersebut yaitu bila Moms melakukan ibadah di malam lailatul qadar maka lebih baik daripada beribadah selama ribuan bulan.

Pada malam itu para malaikat juga akan diturunkan ke bumi dengan membawa berkah dan rahmat. Para malaikat alan senantiasa mengelilingi mereka yang tengah beribadah, firman Allah pada surat Al-Qadar yang berbunyi :

"Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan" (Q.S Al-Qadar : 4)


Kelanjutnya keutamaan yang dapat Moms peroleh bila senantiasa beribadah di malam lailatul qadar adalah pengampunan atas segala dosa yang telah dilakukakan, hal ini terulis dalam Alquran yang berbunyi :
 

"Barangsiapa melakukan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (H.R Al Bukhari, An Nasa'i dan Ahmad).

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Rahasia di Balik Malam Seribu Bulan

Ciri Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa ciri malam laitul qadar yang bisa Moms perhatikan. Pertama, udara dan angin pada malam itu terasa tenang. Sebagaimana hadis dari Ibnu Abbas

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi)


Kedua, semua orang akan merasakan nikmatnya beribadah tanpa sekalipun merasa terbebani karena para malaikat senantiasa mengelilingi mereka yang khusuk berdoa. Ketiga, matahari yang bersinar sebelum malam lailatul qadar akan terbit dalam keadaan jernih, tidak ada sinar.

Lalu bagaimana tanda seseorang mendapat lailatul qadar? Pertanda mendapatkan malam lailatul qadar bukan yang dapat dilihat secara langsung, Syaikh Khalid Al-Mushlih hafizhahullah berpendapat bahwa tidak ada tanda khusus jika seseorang mendapatkan Lailatul Qadar. Namun bila memperbanyak beribadah di sepuluh hari terakhir ramadhan tentu akan mendapatkan malam penuh kemuliaan tersebut.

Dengan mengetahui banyaknya keutamaan malam lailatul qadar tentu memberikan semangat lebih bagi Moms untuk makin giat beribadah tentunya ya.