1. Istri Butuh Istirahat

Dukungan Pasca Melahirkan, Ini Kebutuhan Moms yang Perlu Dads Ketahui
source: https://au.lifestyle.yahoo.com/

Setelah menjalani masa kehamilan yang melelahkan dan persalinan yang luar biasa, para istri harus menikmati masa-masa menyusui si kecil di masa pemulihannya. Ini tentu akan sangat berat untuk dilalui karena tubuhnya yang melemah di masa nifas akan membuatnya semakin banyak butuh istirahat. Jadi, pastikan untuk memberikan waktu dan tempat bagi istri beristirahat. Sesekali, uruslah si kecil dan biarkan istrimu beristirahat.

2. Bantuan Langsung Dalam Pemulihan

Dukungan Pasca Melahirkan, Ini Kebutuhan Moms yang Perlu Dads Ketahui
source: http://www.sparrowsandlily.com/

Sebagian istri mengalami fase-fase berat pasca bersalinan, seperti jahitan yang infeksi atau sulitnya memberikan ASI pada si kecil. Pada masa ini, jangan biarkan ia menjalani semua perjuangan itu seorang diri. Para ayah dapat membantunya membersihkan luka jahitan jika sang istri kesulitan. Jangan menunggunya meminta bantuan, tanyakan bantuan apa yang ia butuhkan.

baca juga

3. Libatkan Diri Dalam Perawatan Bayi Sejak Awal

Dukungan Pasca Melahirkan, Ini Kebutuhan Moms yang Perlu Dads Ketahui
source: https://www.pinterest.com/

Jangan biarkan istri seorang diri dalam mengurus si kecil. Pelajari juga cara memandikan bayi, cara mengganti popok bayi, dan cara menidurkan bayi. Dengan begitu ayah juga memberikan peran besar pada tumbuh kembang si kecil sejak dini. Hal ini juga akan membuat istri lebih lega dan tenang saat meninggalkan bayinya bersama sang suami.

4. Selalu Berikan Apresiasi 

Dukungan Pasca Melahirkan, Ini Kebutuhan Moms yang Perlu Dads Ketahui
source: https://www.sitarambhartia.org/

Para ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan mengalami masa-masa berat di mana tubuhnya berubah drastis. Ditambah lagi dengan komentar-komentar kerabat yang kerap menyinggung hatinya. Inilah peran besar suami yang bisa dilakukan untuk terus memberikan rasa percaya diri dan semangat pada istri bahwa ia telah berkorban besar untuk hal terbaik dalam hidup. Berikan apresiasi nyata seperti hadiah dan pujian.