5 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Moms Sedang Haid di Bulan Ramadhan

Memberi Ifthar (Hidangan Berbuka), Kepada Orang-orang yang Shaum

Walau terhalang untuk berpuasa dan sholat, namun wanita haid tetap bisa beramal salah satunya dengan menyediakan makanan bagi yang berpuasa. Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

Dari hadis ini dapat dipahami bahwa pahala puasa juga bisa jadi milik siapa saja yang ikhlas menyediakan makanan bagi yang berpuasa, tentunya dengan niat karena Allah semata.

Menjauhi Larangan Agama

Saat berpuasa maupun tidak sebagai seorang muslim menjauhi larangan Allah sangatlah penting sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

“Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah maka tiada artinya di sisi Allah baginya shaum/puasa dari makan dan minum.” (HR Bukhari).

Jadi sekalipun ini keharusan namun bila menjauhi larangan agama pahalanya tetap mengalir bahkan saat Moms dalam keadaan haid.  Selain itu, berkata yang baik juga merupakan amalan yang bisa dilakukan saat Moms kondisi haid sebagaimana yang diriwatkan Bukhari-Muslim

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia berkata-kata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari-Muslim). Dengan menjaga lidah maka akam menjadi catatan amal baik bagi diri-sendiri.

5 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Moms Sedang Haid di Bulan Ramadhan

Memperbanyak Berdoa dan Berdzikir

Karena tidak menjalankan sholat maka cara terbaik dekat dengan Allah adalah dengan memperbanyak berdoa dan berdzikir. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia Berdoa: Ya Allah Ya Rabb, Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada Rasulullah Saw. Wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, (maka) akan mendapatkan Syafaatku kelak pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Hadis ini menunjukan betapa besarnya nilai doa dihadapan Allah, maka dari perbanyak dzikir dan berdoa sungguh baik bagi wanita haid.
 
Mengingatkan Anggota Keluarga Dalam Kebaikan

Mengingatkan anggota keluarga dalam kebaikan adalah amalan yang bisa dilakukan wanita haid. Contohnya seperti menganjurkan sholat di masjid, mengingatkan baca Alquran, sedekah adalah cara yang baik
 
Menyibukkan Diri Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu yang bermanfaat adalah hal yang baik sebagaiman hadis yang berbinyi:

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah Swt. menunjukkan jalan menuju Surga baginya” (H.R. Muslim).

Dengan menyibukan diri menuntut ilmu yang bermanfaat akan menambahkan waktu-waktu yang lebih berkualitas bagi diri sendiri maupun orang lain.

Nah, Moms itu tadi beberapa amalan yang bisa dilakukan saat dalam kondisi haid. Dengan melakukan amalan tersebut maka akan menhindarkan diri dari kegiatan yang kurang bermanfaat dan menambah pahala juga tentunya.