Mie Instan

Mie instan menjadi salah satu makanan yang banyak di konsumsi masyarakat karena penyajiannya sangat praktis, memasaknya pun hanya memerlukan waktu tiga menit saja. Jadi sahur tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Tapi tahukah, Moms? Mengonsumsi mie instan saat sahur akan membuat puasa Moms tidak maksimal. Sebab mie instan yang tidak disertai dengan makanan lain akan membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga ketika menjalankan puasa. Selain itu mi instan juga menggunakan bahan pengawet sehingga tidak baik dikonsumsi jika terlalu sering terlebih saat berpuasa.

Mie Instan

Roti

Roti memang kaya akan serat, namun gizi lainnya seperti protein dan lemak tidak terdapat pada roti. Maka jika Moms ingin makan roti sahur saat sahur, usahakan dibarengi dengan peanut butter, telur, atau alpukat.

Roti
source: https://loexie.wordpress.com/
baca juga

Pizza

Sama seperti roti, pizza terbuat dari tepung terigu yang akan membuat Moms merasa cepat kenyang ketika sahur. Namun rasa kenyang tersebut tidak akan bertahan lama, karena makanan yang berbahan dasar tepung terigu hanya akan mengenyangkan sesaat dan membuat Moms cepat lapar lagi. Jadi sebisa mungkin hindari pizza ketika sahur ya, Moms.

Pizza
source: http://www.delonghi.com/

Pasta Putih

Makanan pasta putih seperti spageti juga tidak dianjurkan sebagai menu sahur. Karena pasta putih hanya mengandung karbohidrat sederhana. Jadi Moms akan mudah merasa lapar setelah mengonsumsi pasta putih.

Pasta Putih
source: https://selerasa.com/
baca juga

Makanan dan Minuman Manis

Ketika sahur sebaiknya Moms menghindari makanan dan minuman manis. Karena mengonsumsi makanan dan minuman manis saat sahur akan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat yang membuat Moms merasa kenyang lalu kadar gula tersebut akan turun lagi ketika puasa. Saat gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa akan turun sampai di bawah normal. Nah hal tersebut yang menyebabkan Mommies merasa lemas, capek, dan ngantuk.

Makanan dan Minuman Manis
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, jika ingin puasa Moms lancar dan tubuh tetap bugar, hindari makanan-makanan tadi, ya. Jangan lupa untuk minum banyak air putih selama puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa, Mommies.