Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa

Saat bulan puasa, menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan hal yang penting, karena tubuh butuh stamina lebih untuk menghadapi saat-saat berpuasa. Ketika waktu berbuka puasa tiba, disunnahkan untuk mengkonsumsi buah kurma dan air putih. Namun, bagi para perokok aktif, sulit rasanya jika tidak langsung menghisap satu sampai dua batang rokok sesaat setelah Adzan Magrib. Ternyata kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

Merokok saat perut kosong dapat menyebabkan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok langsung naik ke otak. Hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya asupan oksigen yang masuk karena terlalu banyaknya monoksida yang beredar di dalam tubuh.

Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa
source: https://www.duluthnewstribune.com/sites/default/files/styles/16x9_620/public/10WadZHoWOzv83gTtH2YUQNYXh1VW_UdT.jpg?itok=igg6atpj

Efek Samping Nikotin pada Tubuh

Mual dan Muntah

Zat Nikotin yang terkandung dalam rokok yang masuk ke tubuh saat perut kosong akan sangat berbahaya bagi tubuh. Saat merokok, si perokok akan menghirup banyak nikotin dalam waktu yang singkat. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya rasa mual dan akan menyebabkan muntah. Rasa mual dan ingin muntah tersebut akan sangat mengganggu aktivitas sdi malan hari setelah berbuka puasa dan juga dapat mengganggu selera makan yang berakibat buruk bagi hari-hari puasa selanjutnya.

Efek Samping Nikotin pada Tubuh
source: http://cdn.24.co.za/files/Cms/General/d/7852/00c34a551f164d83a61b773b477af23e.jpg
baca juga

Memicu Iritasi Saluran Pernapasan dan Batuk

Merokok langsung saat berbuka puasa juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan batuk. Jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang, maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi terburuknya, dapat terjadi penyakit yang berbahaya. Sebaiknya, waktu berpuasa digunakan sebaik-baiknya untuk menahan diri bahkan berhenti dari kegiatan merokok, karena merokok dapat menyebabkan banyak penyakit hingga kematian.

Efek Samping Nikotin pada Tubuh
source: https://img.webmd.com/dtmcms/live/webmd/consumer_assets/site_images/articles/health_tools/causes_of_neck_pain_slideshow/493ss_thinkstock_rf_man_explaining_neck_pain_to_doctor.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai bahaya langsung merokok saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat!