Tak hanya menyegarkan, berbuka puasa dengan air kelapa muda ternyata bisa memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan. Kandungan gizi kelapa muda yaitu air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging buah yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C dan Cocos nucifera yang mengandung kalium yang lebih tinggi dari minuman olahraga.

Air kelapa muda mampu mengatasi dehidrasi Moms dengan efektif. Sehingga mengonsumsi kelapa muda untuk berbuka puasa sangat cocok karena air kelapa muda dapat mengembalikan cairan tubuh. Air kelapa muda juga bisa menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan. Mari kita simak lebih lanjut manfaat minum kelapa muda saat berbuka berikut ini!


Mengatasi Dehidrasi setelah Berpuasa
Setelah seharian menahan dahaga, air kelapa muda bisa menjadi minuman buka puasa yang tepat untuk Moms. Kelapa mengandung 95% air sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Air kelapa muda juga mengandung kaya elektrolit yang bisa mengatasi mual atau muntah saat buka puasa. Sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan semangat untuk melanjutkan aktivitas setelah meminumnya.

Menetralkan Asam Lambung
Saat perut terasa perih karena kosong selama berjam-jam. Moms tak perlu khawatir, hal ini dapat diatasi dengan minum air kelapa muda saat buka puasa. Perut yang terasa perih saat berpuasa disebabkan oleh naiknya asam lambung, karena Moms tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman selama berjam-jam. Moms disarankan memilih kelapa muda sebagai solusi untuk membantu menetralkan asam lambung berlebih.

Menjaga Berat Badan
Mendapatkan berat badan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Moms juga bisa memilikinya, dengan mengonsumsi air kelapa muda untuk temani diet sehat, Moms. Hal tersebut karena air kelapa kaya akan vitamin B, vitamin C, potassium, enzim, asam amino, rendah kalori, dan memiliki efek antioksidan sehingga dapat dijadikan salah satu metode diet sehat. 

Menurunkan Kadar Gula dan Sehat untuk Penderita Diabetes
Saat bulan puasa tentunya kita selalu ingin berbuka dengan menu yang manis-manis. Namun jika Moms memiliki penyakit diabetes, tentu Moms harus berhati-hati dalam memilih menu berbuka agar tidak membuat gula darah melonjak drastis.

Air kelapa muda termasuk salah satu menu buka puasa yang aman untuk penderita diabetes. Walaupun terasa manis, kelapa muda mengandung gula alami yang tidak menyebabkan kenaikan insulin. Selain itu, air kelapa muda juga merupakan sumber magnesium terbaik. Kandungan magnesium tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah, baik pada penderita diabetes tipe 2 maupun prediabetes.

Tak Hanya Mengatasi Dehidrasi, Ini Manfaat Rutin Minum Kelapa Muda Saat Berbuka Puasa