Menjaga Lisan dari Komentar yang Tidak Baik

Bijak Bersosial Media, Hindari Komentar Negatif Ini Pada Ibu Hamil dan Menyusui Ya!
source: http://myhealthspin.com/

Sudah sepatutnya Mommy sebagai seorang wanita bisa lebih menjaga perasaan wanita lain, khususnya para ibu. Sayangnya, masih banyak orang-orang yang tidak menampakkan simpati dan empati dengan memberikan komentar-komentar menyakitkan pada ibu hamil dan menyusui. Padahal, sudah seharusnya kita semua bisa menjaga diri dari komentar-komentar buruk dan menjatuhkan. Bukankah lebih baik diam dari pada harus mengucapkan kata-kata yang buruk atau mengkritisi hal-hal yang tidak kita tahu sesungguhnya.

Komentar yang Harus Dihindari Pada Ibu Hamil 

Bijak Bersosial Media, Hindari Komentar Negatif Ini Pada Ibu Hamil dan Menyusui Ya!
source: https://www.workingmother.com/

Para ibu hamil kerap mendapatkan banyak sekali komentar-komentar seputar kehamilannya. Beberapa yang selalu menimbulkan rasa risih dan menyakiti hati adalah sebagai berikut :

  • "Masih muda langsung hamil? Enggak mau senang-senang dulu?"
  • "Nunda kehamilan? Nanti pas sudah tua anaknya masih kecil repot, lho."
  • "Kok hamil kurus? Jangan diet, kasihan dedek bayi!"
  • "Kok hamil gemuk banget? Nanti susah balik lagi, kasihan suami!"
  • "Hamil jangan malas, ayo bergerak!"
Dan masih banyak lagi komentar-komentar menyakitkan lainnya. Kita seharusnya sadar bahwa ada baiknya tidak mengomentari kapan seharusnya seseorang itu hamil karena kita tidak tahu cerita di balik kehamilannya. Yang terpenting, berikan dukungan dan doa agar kehamilannya lancar dan si kecil lahir dengan sehat sempurna.

Begitu pula dengan tampilan fisik ibu hamil selama masa kehamilan. Semua ibu hamil pasti ingin memberikan yang terbaik bagi bayi yang ada di dalam kandungannya. Gemuk dan kurus yang kita lihat juga memiliki cerita panjang dibaliknya. Ada baiknya mendoakan yang terbaik bagi ibu dan janin tanpa memberikan komentar yang tidak baik.
baca juga

Komentar yang Harus Dihindari Pada Ibu Menyusui 

Bijak Bersosial Media, Hindari Komentar Negatif Ini Pada Ibu Hamil dan Menyusui Ya!
source: https://www.workingmother.com/

Tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga kerap menjadi korban komentar-komentar pedas sesama wanita. Beberapa komentar yang kerap mengganggu adalah:

  • "Kok pake botol susu? Enggak ASI eksklusif, ya? Takut payudara kendur, ya?"
  • "Kasihan dedek bayi disapih sebelum 1 tahun!"
  • "Ya ampun, sudah 2 tahun belum disapih?"
  • "Si dedek rewel banget, kurang ASI-nya, ya?"
Komentar-komentar semacam itu sangatlah mengganggu dan membuat para ibu menyusui risih. Pasalnya, orang-orang yang memberikan komentar tersebut tidak tahu perjuangan besar yang dilakukan sang ibu dalam memberikan ASI kepada buah hatinya. 
Bijak Bersosial Media, Hindari Komentar Negatif Ini Pada Ibu Hamil dan Menyusui Ya!
source: https://garnetnews.com/

Secara umum, komentar-komentar ini menjadi lebih mudah terlontar dengan adanya media sosial. Dengan hanya melihat satu postingan saja, orang-orang dapat menghakimi seseorang mengenai apa yang tampak dari sebuah foto atau video. Untuk itu, hindari menilai dan mengomentari sesuatu yang tidak kita ketahui, khususnya pada para ibu hamil dan menyusui.