Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau

Minangkabau atau Minang merupakan salah satu etnis asli Nusantara yang persebaran kebudayaannya berasal dari provinsi Sumatra Barat dengan mayoritas penduduk asli Minangkabau menganut agama Islam. Selain memiliki banyak makanan khas yang popular seperti salah satunya nasi padang, Minangkabau juga punya beragam camilan dan kue lebaran yang unik serta tak kalah enak, Moms.

Hari lebaran yang dirayakan seluruh umat muslim dalam satu tahun sekali membuatnya menjadi sangat istimewa untuk berkumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan khas lebaran termasuk camilan seperti kue lebaran. Minangkabau juga memiliki kue lebaran tradisional khasnya sendiri loh, Moms yang mungkin jarang kita temukan di kota-kota lain seperti:

  • Kue sapik
  • Kue arai pinang
  • Kue sala bulek
  • Kue basung
  • Kue sagon bakar
  • Kue manyang
  • Karupuak sanjai

Kue lebaran khas Minangkabau mempunyai nama-nama unik yang menandakan identitas daerah asalnya, namun beberapa dari kue lebaran khas Minang tersebut ternyata ada yang mirip dengan kue tradisional khas daerah lainnya, hanya saja namanya berbeda dan rasanya pun mungkin akan sedikit berbeda, Moms.

Punya Nama Unik, Cari Tahu 4 Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau

Kue Sapik
​​​​​​

Dari bentuknya mungkin tak asing ya Moms karena sebenarnya kue lebaran khas Minangkabau ini mirip seperti semprong. Hanya saja kue sapik yang merupakan salah satu jajanan tradisional khas Sumatera Barat ini memiliki bentuk segitiga yang menyerupai kipas karena proses menjepit dan melipat setelah dipanggang, sedangkan kue semprong umumnya digulung hingga berbentuk pipa atau persegi panjang. Kue manis dan renyah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, telur, gula pasir, santan dan bubuk kayu manis.

Punya Nama Unik, Cari Tahu 4 Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau
baca juga

Arai Pinang
​​​​​​

Kue lebaran khas Minang lainnya yaitu arai pinang, Moms. Sekilas bentuknya mungkin mengingatkan kita akan keripik kentang. Namun bedanya kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kapur sirih, garam dan telur. Bentuk yang unik dari kue arai pinang yang gurih, renyah dan beraroma minyak kelapa ini didapatkan dari proses memipihkan adonan menggunakan garpu. Kue ini juga kerap disajikan bersama saus gula merah.

Punya Nama Unik, Cari Tahu 4 Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau

Sala Bulek
​​​​​​

Selain bisa dijadikan camilan, sala bulek kue khas Padang ini ternyata cocok dijadikan lauk untuk dimakan bersama ketupat sayur padang, Moms. Sepertinya namanya, dimakan sala bulek karena ‘bulek’ berarti ‘bulat’ dalam bahasa padang, bentuk makanan ini pun demikian Moms. Disebut juga sala lauak, makanan ini dibuat dengan cara digoreng dengan bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan ikan asin ‘sala’, ikan teri atau udang.

Punya Nama Unik, Cari Tahu 4 Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau
baca juga

Kue Basung
​​​​​​

Sepintas kue ini mirip kue lupis ya, Moms. Namanya kue basung, terbuat dari tepung beras dengan campuran santan dan gula merah. Dicetak dengan wadah dari daun pisang yang dibuat berbentuk corong. Kue basung dimasak dengan cara dikukus. Gula merah membuat warna kue basung menjadi cantik kecoklatan saat dilepas dari bungkus daun pisang.   

Punya Nama Unik, Cari Tahu 4 Kue Lebaran Tradisional Khas Minangkabau