Ketika memasuki bulan Ramadhan maka kebiasaan dan pola hidup yang biasa dijalani akan berubah. Bukan hanya pola makan yang berkurang, tapi juga pola tidur yang tidak seperti biasanya. Jika sebelumnya tidur dapat dilakukan selama 7-8 jam tanpa gangguan, maka ketika Ramadhan pola tidur akan terinterupsi karena harus bangun untuk makan sahur. Karena pola yang berubah inilah maka banyak yang justru mengalami susah tidur di malam hari, jika moms salah satunya maka bisa lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi susah tidur ketika puasa.

Susah Tidur di Bulan Puasa? Ini 5 Cara Jitu Mengatasinya

Mandi Air Hangat

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih rileks dan nyaman adalah mandi air hangat. Hal ini juga dapat dilakukan oleh moms yang mengalami susah tidur ketika puasa. Mandi air hangat bisa dilakukan sesaat sebelum tidur atau setelah sholat tarawih dan moms merasa gerah. Yang perlu diperhatikan adalah durasi mandi jangan terlalu lama dan usahakan untuk tidak keluar malam setelah mandi. 

Mandi Air Hangat
baca juga

Matikan Peralatan Elektronik

Tidur yang berkualitas didapat dari tidak adanya gangguan, baik dari orang lain maupun dari berbagai alat elektronik seperti televisi dan handphone. Saat akan tidur matikan televisi dan nonaktifkan handphone agar tercipta suasana yang hening dan nyaman juga tidak ada gangguan berupa suara-suara dari berbagai alat elektronik yang masih menyala.

Matikan Peralatan Elektronik

Hindari Kafein

Mendapat asupan kafein menjadi seuatu keharusan bagi sebagian orang, tapi bagi moms yang mengalami kesulitan tidur selama puasa sebaiknya hindari dulu untuk mengonsumsi kafein. Selain menyebabkan susah tidur, kafein juga dapat membuat moms lebih sering ingin buang air kecil sehingga akan membuat moms lebih sering terbangun dan membuat tidur semakin susah.  

Hindari Kafein
baca juga

Hindari Makan Berat

Makan makanan berat secara berlebihan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Saat tubuh tidak nyaman maka tubuhpun akan semakin kesulitan untuk tidur. Jadi sebaiknya jika selama bulan puasa moms mengalami kesulitan tidur maka hindari untuk memakan makanan berat, terutama jika makanan tersebut terlalu berlemak seperti santan atau gula.

Hindari Makan Berat

Pasang Alarm

Agar moms merasa tenang saat tidur, maka sebaiknya memasang alarm. Bukan hanya alarm untuk membangunkan saat sahur, tapi juga alarm untuk mengingatkan waktu tidur. Jika moms memasang alarm untuk bangun dan tidur, maka akan tercipta pola tidur yang teratur sehingga akan memberikan kualitas tidur yang baik.

Pasang Alarm