Memiliki kulkas adalah sebuah kemudahan karena moms bisa menyimpan berbagai makanan dalam waktu yang lebih lama dibanding dalam suhu ruangan. Salah satu bahan makanan yang sangat terbantu untuk menjadi lebih awet karena disimpan di dalam kulkas adalah daging. Berbagai macam daging baik itu sapi, ayam, maupun seafood akan memiliki umur yang lebih panjang terutama jika dibekukan di dalam freezer.

Durasi Masa Simpan Berbagai Jenis Daging yang Harus Moms Ketahui

Lama Waktu Menyimpan Daging Sesuai Jenisnya

Meskipun menyimpan daging dengan cara membekukannya dalam freezer bisa membuat daging bertahan lebih lama, tapi lama waktu penyimpanan berdasarkan jenis daging juga perlu diperhatikan. Setiap jenis daging memiliki masa simpan yang berbeda, jadi bagi moms yang gemar mengonsumsi daging dan selalu memiliki stok sebaiknya perhatikan masa waktu penyimpanan serta pisahkan antara satu jenis daging dan daging lain.

Lama Waktu Menyimpan Daging Sesuai Jenisnya
baca juga

Daging Sapi

Daging sapi mentah yang dibekukan di dalam freezer bisa disimpan dan bertahan selama 4-6 bulan. Sedangkan jika sudah matang umur penyimpanan daging menjadi lebih sebentar, yaitu 3-4 hari di kulkas, dan 2-6 bulan dalam keadaan beku di freezer. Umur penyimpanan daging sapi yang sudah digiling juga berbeda dengan daging sapi mentah. Daging sapi giling hanya bisa disimpan 1-2 hari dalam kulkas atau 3-4 bulan dibekukan dalam freezer.

Daging Sapi

Daging Ayam

Daging ayam atau unggas mentah pada umumnya hanya bisa bertahan sekitar 1-2 hari jika disimpan dalam lemari es bersuhu maksimal empat derajat celcius. Tapi dalam keadaan beku daging ayam mentah bisa disimpan selama satu tahun jika berada dalam freezer dengan suhu maksimal -17 derajat celcius. Sementara dalam keadaan matang daging ayam bisa disimpan dalam kulkas lebih lama, yaitu sekitar 2-6 bulan dalam keadaan beku.

Daging Ayam
baca juga

Seafood

Umur masa penyimpanan seafood relatif lebih singkat dibanding daging, masa penyimpanannya juga berbeda untuk setiap jenis seafood. Ikan tanpa lemak seperti Cod dan Kerapu dapat disimpan dalam keadaan beku selama maksimal 2 bulan, sedangkan jenis lain seperti makarel, tuna, salmon, sarden, dan sebagainya hanya bisa bertahan 1 bulan. Seafood lain seperti kerang segar bisa bertahan 3-4 bulan disimpan dalam freezer, meskipun begitu sebaiknya segera konsumsi kerang setelah dibeli. Dan jika sefood atau ikan telah diberi bumbu atau marinasi, maka masa simpannya hanya sekitar 3 bulan di kulkas, dan 1 minggu dibekukan di freezer.

Seafood