Anak-anak yang masih dalam proses perkembangan dan pertumbuhan sangat membutuhkan asupan makanan sehat agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal. Beberapa zat gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi oleh anak-anak di antaranya yaitu karbohidrat yang cukup, beragam vitamin, kalsium, dan protein. Anak-anak yang sejak kecil dibiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat juga akan membawa kebiasaan ini hingga dewasa, jadi selalu memberi makanan sehat adalah salah satu upaya tepat jika ingin mengajarkan anak menjalani hidup sehat. 

Anak Tumbuh Tinggi dengan 6 Makanan Peninggi Badan Ini, Apa Saja Moms?

Makanan Peninggi Badan untuk Anak

Kebanyakan orang percaya bahwa tinggi badan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetis. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal di luar genetis juga dapat berpengaruh terhadap tinggi badan, terutama jika diterapkan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Faktor eksternal yang mempengaruhi tinggi badan adalah seperti olahraga, tidur cukup, dan nutrisi yang tepat. Moms bisa membantu masa pertumbuhan anak agar berjalan optimal dengan memberikan nutrisi yang mendukung penuh pertumbuhan tinggi badannya dengan makanan berikut. 

Makanan Peninggi Badan untuk Anak
baca juga

Sayur dan Buah-buahan

Buah dan sayuran adalah makanan penting dalam gaya hidup sehat yang harus dikenalkan pada anak sejak dini. Mereka adalah sumber vitamin, serat, kalsium, dan folat. Beberapa jenis buah seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, dan aprikot mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan jaringan. Vitamin A dapat pula ditemukan dalam sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, dan lain-lain. Di samping vitamin A, vitamin C seperti yang ada dalam jeruk, kentang, dan tomat juga dapat membantu pertumbuhan tulang yang berkontribusi dalam tinggi badan.

Sayur dan Buah-buahan

Telur

Sudah bukan rahasia lagi jika telur adalah sumber protein yang murah dan mudah didapat. Konsumsi telur pada anak efektif untuk menambah tinggi badan karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Selain protein, di dalam telur juga terdapat vitamin B2 atau riboflavin yang sangat baik untuk dikonsumsi terutama oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Telur
baca juga

Daging Ayam

Ayam adalah salah satu sumber protein hewani tertinggi di antara sumber pangan hewani lainnya. Protein berperan penting dalam pertumbuhan tulang, selain itu daging ayam juga mengandung vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang. Dalam 100 gr daging ayam terkandung sekitar 18.2 gr protein dan 14 mg kalsium, serta 200 mg fosfor. Karena kandungan tersebut konsumsi daging ayam yang dimasak dengan baik tentu bisa mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

Daging Ayam

Gandum Utuh

Gandum utuh adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik karena karbohidrat yang terdapat di dalamnya adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat berperan untuk memasok energi dalam tubuh, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan mengonsumsi gandum utuh akan memiliki energi lebih dalam aktivitasnya, sehingga anak menjadi selalu aktif dan akan mendukung pertumbuhan tinggi badannya. Selain karbohidrat, kandungan lain seperti vitamin B, serat, zat besi, selenium, dan magnesium juga ditemukan dalam gandum utuh.

Gandum Utuh

Kacang Kedelai

Di dalam kacang kedelai terkandung protein, folat, vitamin, dan fiber yang dapat meningkatkan massa dan kepadatan tulang, sehingga berpengaruh langsung terhadap penambahan tinggi badan anak. Mengonsumsi sebanyak 50 gr kacang kedelai setiap hari dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang serta mengoptimalkan pertumbuhannya.

Kacang Kedelai

Susu

Susu menjadi salah satu sumber pangan terbaik dalam hal menambah tinggi badan anak. Dalam satu gelas susu murni terkandung 270 mg kalsium yang memiliki peran penting dalam memperbaiki sel-sel tulang yang telah rusak. Susu juga kaya akan berbagai mineral penting seperti magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang akan menjaga kesehatan anak.

Susu