Tradisi Lebaran Unik di Indonesia

Ronjok Sayak - Bengkulu

Tradisi Ronjok Sayak asal Bengkulu ini biasa juga disebut dengan tradisi bakar gunung api. Tradisi ini sudah dilakukan oleh masyarakat suku Serawai sejak beratus tahun yang lalu. Warga akan melakukan pembakaran terhadap batok kelapa yang disusun mirip seperti sate. Aksi pembakaran batok kelapa ini dilakukan di pekarangan rumah masing-masing pada waktu yang bersamaan yaitu setelah shalat isya pada saat malam takbiran.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: https://i0.wp.com/liburmulu.com/wp-content/uploads/2015/07/Tradisi-Bakar-Gunung-Api-Atau-Ronjok-Sayak.jpg?ssl=1

Tumbilotohe - Gorontalo

Tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini sdiperkirakan sudah ada sejak abad XVI saat Islam masuk ke Gorontalo. Tumbilotohe disebut juga dengan tradisi pasang lampu. Masyarakat akan menyalakan lampu yang berbahan bakar getah dan dipasang di daun woka yang sudah kering. Lampu ini akan dipasang di pekarangan rumah, biasanya tiga hari sebelum hari lebaran tiba.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: https://v-images2.antarafoto.com/tradisi-tumbilotohe-gorontalo-pa5y5y-prv.jpg
baca juga

Lebaran Ketupat - Lamongan

Lebaran ketupat di lakukan oleh warga Lamongan satu minggu setelah lebaran. Warga berbondong-bondong mengikuti perlombaan membuat makanan dari bahan ketupat dan lepet. Beragam jenis makanan dibuat oleh warga dan akan dinilai oleh juri berdasarkan rasa dan kreativitas bentuk.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: http://bangsaonline.com/images/uploads/berita/700/a62db42f6e4192222d556ae3c9ccc267.jpg

Ngejot - Bali

Tradisi ngejot di Bali tidak hanya dilakukan oleh umat Islam saat Hari Raya Idul Fitri, tetapi juga dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Galungan, Nyepi, dan Kuningan. Masyarakat akan melakukan bagi-bagi makanan kepada tetangga di sekitar rumah sebagai tanda terima kasih. Tradisi ini juga menandakan adanya keharmoniasna antar umat beragama.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: http://images1.prokal.co/webkp/file/berita/2015/07/19/mengenal-tradisi-ngejot-saat-idulftri-di-bali.jpg
baca juga

Bedulang - Bangka

Bedulang merupakan tradisi makan bersama saat ada hari hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Makanan akan disajikan dibalik tudung saji dan akan dimakan bersama-sama. Satu tudung saji dapat disantap oleh satu kelompok orang. Terdapat tradisi tersendiri dalam membuka tuudng sajinya. Yang boleh membuka tudung saji hanya pria dengan cara duduk dengan tumpuan lutut di lantai. Setelah itu, mendekat ke tudung yang ditutup tulam, lalu mengangkat tudung

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: https://www.aca.co.id/cmsprd/uploads/Bedulang-Bangka%201528529794.jpg

Perang Topat - Lombok

Saat tujuh hari setelah tangga 1 Syawal, masyarakat Lombok akan mengadakan kegiatan yang bernama perang topat atau perang ketupat. Event ini diikuti oleh umat Islam dan juga Hindu. Kegiatan ini menggambarkan toleransi antar umat beragama yang berada di Lombok. Mereka akan saling melempar ketupat sebagai ungkapan rasa syukur.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: https://www.1001wisata.com/wp-content/uploads/2013/03/Pura-Lingsar-2.jpg

Pukul Sapu - Maluku Utara

Tradisi pukul sapu di Maluku ini sudah berlangsung sejak abad ke 18 dan dilakukan pada tanggal 7 syawal. Para pemuda akan berkumpul di sebuah lapangan dan membentuk dua kelompok yang beranggotakan masing-masing 20 orang. Mereka akan saling pukul menggunakan sapu lidi yang terbuat dari pohon enau dengan panjang 1,5 m sampai berdarah. Meskipun terlihat keras, namun kegiatan ini dimaknai sebagai momen untuk mempererat tali persaudaraan.

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: http://img.ulinulin.com/uploads/media_item/file/40556/1468984761_424_9-Foto-tradisi-Pukul-Sapu-di-Maluku-ini-bikin-bulu-kuduk-merinding__1_.jpg

Batobo - Riau

Batobo di Riau merupakan tradisi penyambutan yang dilakukan warga Riau kepada para pemudik yang pergi merantau. Saat pulang kampung di hari raya, para perantau akan disambut dengan cara diarak keliling kampung dengan menggunakan rebana. Wah, menarik ya!

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia
source: http://jadiberita.com/wp-content/uploads/2016/07/Tradisi-Batobo-di-Riau-cover.png

Demikian beberapa tradisi menyambut lebaran yang ada di Indonesia. Unik ya Moms! Semoga bermanfaat,