1. Komunikasikan dengan Pasangan

Buat Pasangan Baru, Simak Tips Membagi Waktu Saat Lebaran dengan Orangtua & Mertua
source: https://abiummi.com/

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan membuat rencana silaturahim lebaran adalah dengan mengkomunikasikan semua dengan pasangan. Jangan asal membuat janji di awal dengan orangtua. Ingat, pasangan yang sudah menikah harus saling menghargai satu sama lain. Tentu pasanganmu juga ingin berkumpul dengan keluarganya. Akan lebih menyenangkan jika istri bisa memikirkan kondisi keluarga suami dan suami memikirkan kondisi keluarga istri. Dengan begitu, tidak ada saling cemburu dalam keluarga.

2. Pertimbangkan Jadwal Kumpul Keluarga Besar

Buat Pasangan Baru, Simak Tips Membagi Waktu Saat Lebaran dengan Orangtua & Mertua
source: https://www.wowkeren.com/

Setiap keluarga besar memiliki jadwal kumpul-kumpul yang berbeda. Ada yang berkumpul setelah sholat Ied, dan ada yang berkumpul saat jadwal makan siang. Beruntung jika kalian memiliki keluarga besar yang jaraknya berdekatan, misalnya masih satu kota atau di kota yang berdekatan. Dengan begitu, kalian bisa menyesuaikannya dengan mengatur jadwal silaturahim tersebut.

baca juga

3. Membagi Waktu Di Lebaran Hari Pertama

Kalaupun ternyata jadwalnya berbentrokan, pertimbangkan keluarga mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Pertimbangkan keberadaan orang yang sepuh untuk dikunjungi lebih awal. Bila ada nenek buyut atau nenek yang sudah sangat tua di keluarga mertua, tidak ada salahnya untuk mendahuluinya saat silaturahim. Namun, jangan lupa sampaikan pada keluarga yang didatangi kedua agar saling memahami kondisi.

4. Membagi Jadwal Mudik

Buat Pasangan Baru, Simak Tips Membagi Waktu Saat Lebaran dengan Orangtua & Mertua
source: https://www.rappler.com/

Lalu, bagaimana jika ada jadwal mudik ke kampung halaman? Nah, mudik ini akan menjadi suasana baru dalam lebaran yang harus kalian persiapkan. Jika rumah orangtua suami dan istri berjauhan, tentukanlah bersama keluarga mana yang akan diutamakan untuk dikunjungi pada lebaran tahun ini. Sepakati bersama agar semua senang saat menjalani hari raya.

Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk pulang mudik di hari pertama lebaran setelah mengunjungi keluarga besar di ibukota setelah sholat Ied. Cara ini cukup adil mempertimbangkan waktu yang dihabiskan dengan keluarga di kampung akan lebih lama jika dibandingkan dengan keluarga di ibukota.

baca juga

5. Ubah Jadwal Bergantian Tiap Tahun

Buat Pasangan Baru, Simak Tips Membagi Waktu Saat Lebaran dengan Orangtua & Mertua
source: https://www.okezone.com/

Terakhir, jika memang kedua keluarga berjauhan dan memiliki tradisi mudik, sepakatilah tahun ini akan menjadi tahun mudik ke keluarga istri atau suami. Pertimbangkan keberadaan anggota keluarga sepuh. Kemudian, gantilah jadwal di lebaran tahun depan dengan mendatangi keluarga yang satunya lagi. Begitu seterusnya setiap tahun dengan giliran yang adil. Dengan begitu, hari raya akan terasa lebih menyenangkan tanpa ada beban rasa tidak adil antara keluarga istri atau keluarga suami.