1. Jaga Komunikasi yang Baik Sejak Dini

Waspada Penyalahgunaan Media Sosial, Ini Tips Mendidik Anak Remaja di Era Digital
source: https://thegritandgraceproject.org/

Kunci utama dalam menjaga anak dari dampak buruk lingkungan di masa remaja adalah dengan mambangun komunikasi yang baik sejak dini. Ingatlah bahwa komunikasi yang baik antara anak dan orangtua harus dibangun sejak awal. Orangtua harus selalu meluangkan waktu dengan anak untuk mendengarkan cerita dan perasaan si kecil. Biarkan ia menemukan kenyamanan untuk berbicara dengan Mommy.

2. Jadi Teman yang Baik Untuk Anak

Waspada Penyalahgunaan Media Sosial, Ini Tips Mendidik Anak Remaja di Era Digital
source: https://www.sheknows.com/

Kunci utama untuk sukses mendidik dan membesarkan anak di usia remaja adalah dengan menjadi teman yang baik untuknya. Berteman dengan anak tentu terdengar mudah, tetapi kenyataannya sulit untuk dilakukan. Perasaan khawatir dan keinginan untuk menjaga dari orangtua kerap membuat mereka lebih banyak menceramahi dan mendikte anak tentang hal yang baik dan buruk. Padahal, di usia remaja anak sudah bisa belajar dengan mandiri, mengenali apa yang baik dan apa yang buruk. Yang mereka butuhkan adalah pendampingan, bukan polisi pengawas.

baca juga

3. Perkenalkan Teknologi dan Media Sosial dengan Bijak

Waspada Penyalahgunaan Media Sosial, Ini Tips Mendidik Anak Remaja di Era Digital
source: https://www.shutterstock.com/

Salah satu yang membuat orangtua lebih was-was adalah keberadaan media sosial yang belakangan memberikan pengaruh besar pada tumbuh kembang anak. Popularitas dan uang tampak sangat menggiurkan bagi para remaja hingga mereka berlomba-lomba menjadi viral dengan beragam variasi foto dan video yang dibuat. Sebagian mungkin menampilan banyak hal positif, tapi tidak sedikit pula yang malah berdampak serius pada tumbuh kembang anak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Mommy adalah orang pertama yang memperkenalkan media sosial pada anak. Dengan begitu, arahan dan pemahaman yang Mommy berikan akan menjaga mereka sejak awal berselancar di dunia digital.

4. Jadi Orangtua yang Melek Teknologi

Waspada Penyalahgunaan Media Sosial, Ini Tips Mendidik Anak Remaja di Era Digital
source: https://www.chocchildrens.org/

Jadilah orangtua yang melek teknologi. Pelajari lagi dampak positif dan negatif dari tiap media sosial yang digunakan anak. Ajarkan etika dari mengunggah status dan foto pada anak. Beritahu padanya bahwa jejak digital itu akan sangat sulit dihilangkan. Tanamkan pada benak anak bahwa cermat dan bijaksana dalam menggunakan media sosial adalah kunci untuk bisa menghalau dampak negatif dari media sosial itu sendiri.

baca juga

5. Tumbuhkan Rasa Saling Percaya Antara Orangtua dan Anak

Waspada Penyalahgunaan Media Sosial, Ini Tips Mendidik Anak Remaja di Era Digital
source: https://www.crosswalk.com/

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjalin hubungan yang baik antara orangtua dan anak. Pastikan si kecil tahu bahwa Mommy mempercayainya untuk bisa bersikap dan bertindak sebagaimana seharusnya. Kepercayaan orangtua yang ia dapatkan akan mengurungkan segala niat dan tindakan kurang baik dalam pergaulannya di dunia nyata maupun dunia digital. 

Itulah beberapa hal penting seputar menjaga tumbuh kembang anak remaja di era digital. Selalu ingat bahwa menjaga hubungan baik antara anak dan orangtua akan menjaga masa remaja anak tetap dalam jalur yang baik.