Hukum Takbir Keliling

Sebelum kita lihat hal apa saja yang moms persiapkan saat ikut Takbir keliling, Ada baiknya kita tahu dulu bagaimana hukum Takbir keliling sebenarnya, apakah dilarang atau boleh?

Takbir sendiri adalah kalimat “Allahu Akbar” yang berarti “Allah Maha Besar”. Kalimat ini diucapkan berkali-kali dengan maksud untuk mengagungkan nama Allah SWT. Sementara takbir keliling merupakan kegiatan yang dilakukan pada malam 1 syawal sebagai perayaan ‘kemenangan’ setelah berpuasa sebulan penuh sambil mengucapkan kalimat takbir.

Hukum Takbir Keliling
source: https://www.sijunjung.go.id/

Pasti Ada pro dan kontra mengenai boleh atau tidaknya melakukan takbir keliling ya, Moms. Ada pihak yang menganggap hal ini diperbolehkan karena memang tidak ada aturan yang jelas tentang larangan tradisi takbir keliling. Namun ada mengatakan bahwa tradisi ini nggak dianjurkan, karena Rasulullah SAW tidak memberikan contoh untuk melakukannya. Kebanyakan ulama pun mengatakan bahwa tidak ada takbiran saat malam 1 Syawal. Takbiran hanya dilakukan saat kita ingin menuju tempat sholat Idul Fitri.

Malam Takbir Pada Zaman Rasulullah

Pada zaman Rasulullah, malam takbir dimulai sejak maghrib malam 1 Syawal hingga sampai selesai salat Id. Biasanya Rasulullah keluar rumah menuju lapangan sambil bertakbir dan melakukannya hingga selesai salat. Jadi Rasulullah tidak melalukannya dengan cara keliling.

baca juga

Malam Takbiran Unik

Takbir, bedug, obor merupakan hal yang biasanya ada saat takbiran keliling. Namun ada juga orang-orang yang melakukan kegiatan tradisi takbir keliling dengan cara-cara yang unik. Seperti apa, ya?

Meriam Karbit

Seperti halnya di Pontianak, masyarakat di sana merayakan malam takbir dengan menggelar meriam karbit. Meriam karbit dilakukan dengan tujuan menembakkan meriam karbit sebagai bentuk simbolis pengusiran roh-roh jahat yang ingin mengganggu umat manusia di hari raya Idul Fitri. Tradisi ini dibawa oleh Sultan Syarif Abdurahman Alkadrie, seorang pendiri dan sultan pertama di kerajaan Pontianak. 

Meriam Karbit
source: https://www.pontianakpost.co.id/
baca juga

Ronjok Sayak

Selain Meriam Karbit, di daerah lain juga ada lho yang merayakan malam takbir dengan cara yang unik. Seperti di Bengkulu, malam takbir dirayakan dengan cara ronjok sayak. Apa itu? Ronjok sayak artinya adalah bakar gunung, artinya selepat shalat isya masyarakat yang turut serta akan membakar susunan batok kelapa kering yang ditumpuk.

Ronjok Sayak
source: https://www.republika.co.id/

Nah Moms, itu tadi hukum takbir keliling dan berbagai macam tradisi malam takbir yang unik di Indonesia. Kalau di daerah Moms bagaimana merayakan malam takbir?