Kerjasama Antara Suami dan Istri

Membawa Anak Itikaf Di Masjid? Perhatikan Dulu Hal Ini Moms!
source: https://www.islam21c.com/

Saat akan membawa anak untuk pergi itikaf di masjid, tentu Mommy harus membuat kesepatakan dengan suami. Diskusikan apakah si kecil sudah siap untuk dibawa bermalam di masjid. Jangan sampai ia malah menangis semalaman dan mengganggu jamaah lain yang ingin beribadah. Pastikan juga anak sudah bisa diajak berkomunikasi sehingga ia dapat memahami arahan dari orangtuanya selama sedang berada di masjid.

Periksa Kondisi Kesehatan Anak

Membawa Anak Itikaf Di Masjid? Perhatikan Dulu Hal Ini Moms!
source: http://muslimgirl.com/

Membawa anak ikut serta ke masjid untuk itikaf tentu akan menjadi bagian dari pendidikan agama yang baik baginya. Namun, bermalam di masjid tentu akan memberikan dampak serius bagi anak-anak, khususnya yang tidak terbiasa menginap di tempat umum. Anak-anak juga cenderung mudah terinfeksi virus dan bakteri. Pastikan anak sedang berada dalam kondisi kesehatan yang optimal sehingga berada di tempat umum semalaman tidak akan membuatnya sakit.

baca juga

Pilih Masjid yang Ramah Keluarga

Membawa Anak Itikaf Di Masjid? Perhatikan Dulu Hal Ini Moms!
source: http://muslimgirl.com/

Tiap masjid memiliki karakteristik bangunan yang berbeda. Itulah sebabnya sebagian masjid memang tidak dianjurkan untuk dijadikan tempat itikaf bagi keluarga. Namun, masih banyak pula masjid-masjid yang memang secara khusus menyiapkan beberapa area keluarga di mana ayah, ibu, dan anak-anak bisa berkumpul dalam satu tempat. Bahkan, Mommy bisa mendirikan tenda di mana si kecil bisa tidur dengan nyenyak di sana.

Siapkan Segala Perlengkapan Anak

Membawa Anak Itikaf Di Masjid? Perhatikan Dulu Hal Ini Moms!
source: https://www.soundvision.com/

Terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan segala perlengkapan kebutuhan anak selama itikaf. Beberapa barang penting yang juga tidak boleh tertinggal adalah:

  • Selimut
  • Bantal
  • Mainan kesayangan
  • Buku bacaan
  • Sajadah kecil
  • Alat shalat anak
Jangan lupa untuk membawakan perlengkapan ibadah anak untuk membuatnya merasa menjadi bagian dari jamaah yang sedang beritikaf. Dengan begitu ia akan lebih bisa diatur dan tenang selama berada di masjid.

Nah, itulah beberapa informasi seputar tips itikaf dengan anak di masjid. Semoga bermanfaat dan selamat beribadah, Moms!