1. Takbir Keliling

Ragam Kegiatan Seru dan Berkesan di Malam Takbiran untuk Anak, Apa Saja?
source: https://blogs.wsj.com/

Setelah berbuka puasa dan menunaikan shalat Isya, cobalah untuk mengajak si kecil berkeliling kota dan menikmati malam takbiran yang ramai dengan lantunan takbir dan tahmid. Mommy juga dapat mencari camilan malam dan menghabiskan waktu sekeluarga dengan suasana takbiran yang meriah. Namun, pastikan untuk tidak pulang terlalu malam agar paginya tidak susah untuk bangun shalat Ied.

2. BBQ di Halaman Rumah

Ragam Kegiatan Seru dan Berkesan di Malam Takbiran untuk Anak, Apa Saja?
source: https://eatathomecooks.com/

Siapkan sajian buka puasa terakhir dengan menu yang spesial. Pastikan semua anggota keluarga hadir agar suka cita hari kemenangan dapat dirasakan semuanya bersama. Mommy dapat menyiapkan daging-dagingan yang siap dibakar dan disantap bersama. Nah, suasana bakar-bakaran ini akan semakin spesial dengan lantunan takbir dan tahmid dari radio yang dinyalakan sendiri di rumah.

baca juga

3. Bermain Kembang Api

Ragam Kegiatan Seru dan Berkesan di Malam Takbiran untuk Anak, Apa Saja?
source: https://www.artofmanliness.com/

Keindahan malam takbiran akan lebih lengkap jika Mommy mengajak si kecil untuk bermain kembang api. Tidak perlu kembang api besar yang harus dinyalakan di ruang terbuka bebas. Cukup dengan kembang api kecil yang bisa dimainkan di halaman rumah. Jangan lupa untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan masa kecil anak yang spesial.

4. Berbagi Bingkisan Lebaran

Ragam Kegiatan Seru dan Berkesan di Malam Takbiran untuk Anak, Apa Saja?
source: https://www.happinest.id

Malam takbiran ini juga bisa menjadi momentum pendidikan sosial bagi anak-anak. Jika memungkinkan, Mommy bisa mengajak si kecil untuk berbagi bingkisan lebaran ke beberapa orang membutuhkan yang ada di jalan sambil berkeliling kota di malam takbiran. Bingkisan tersebut bisa berupa makanan, alat sholat, atau kue kering lebaran. Kegiatan ini bisa mengajarkan anak esensi dari kasih sayang dan berempati dengan sesama.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aktivitas di malam takbiran yang bisa Mommy lakukan dengan anak-anak. Yang pasti, jangan biarkan si kecil menghabiskan malam takbirannya hanya sibuk dengan gadget atau gamenya.  Buatlah kenangan dan memori yang berkesan pada anak-anak. Setidaknya untuk mengeratkan hubungan antar anggota keluarga.