Pahami Batasan Bermesraan di Depan Anak

Berciuman Di Depan Anak, Apakah Boleh?
source: https://fabiosa.com/

Memperlihatkan keharmonisan hubungan suami istri di depan anak bukanlah hal yang dilarang. Hal ini bahkan dapat menciptakan kebahagiaan bagi anak melihat orangtuanya memiliki hubungan yang baik. Namun, ketahuilah bahwa ada batasan-batasan yang harus dicermati dalam memperlihatkan kemesraan, seperti:

  • Pelukan dan Bergandengan Tangan
Berciuman Di Depan Anak, Apakah Boleh?
source: https://www.zoosk.com/

Pelukan dan bergandengan tangan masih berada dalam batas yang diperbolehkan. Mommy dapat berpelukan dengan suami di depan anak-anak saat sang ayah baru pulang kerja. Atau, Mommy dapat bergandengan tangan dengan suami saat sedang berpergian bersama. Namun, pastikan bahwa Mommy dan suami juga melakukan hal yang sama ke anak-anak, yaitu menggandeng tangan dan memeluk mereka saat bersama.

baca juga
  • Saling Bersandar
Berciuman Di Depan Anak, Apakah Boleh?
source: https://www.surveymonkey.com/

Tidak hanya berperlukan dan bergandengan, Mommy dan suami juga bisa saling bersandar saat menonton film bersama atau saat bersantai di akhir pekan. Gerak tubuh seperti ini menunjukkan adanya kedekatan dan keharmonisan antar ayah dan ibu. Sesekali, ajaklah anak untuk bersandar diantara kalian. Dengan begitu anak-anak akan merasa ikut serta dalam kedekatan dan keharmonisan keluarga.

  • Berciuman 
Berciuman Di Depan Anak, Apakah Boleh?
source: https://www.mercatornet.com/

Namun, untuk berciuman, Mommy perlu memahami batasan yang harus diperlihatkan. Untuk ciuman sebatas kecup sayang masih diperbolehkan. Begitu pula dengan ciuman kecup yang diberikan Mommy dan sang ayah ke si kecil. Sebaliknya, untuk ciuman yang lebih intim, ada baiknya dilakukan di kamar untuk menghindari anak menirunya.

Sesekali, sampaikan pesan pada anak mengenai bagaimana kasih sayang antar keluarga itu dapat diungkapkan melalui pelukan, belaian, hingga kecupan. Tekankan bahwa ini merupakan tanda sayang antar keluarga, yaitu ayah, ibu, dan anak.

baca juga

Manfaat Bermesraan Depan Anak

Berciuman Di Depan Anak, Apakah Boleh?
source: https://www.ohmyparenting.com/

Pada dasarnya bermesraan depan anak dapat memberikan manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Akan tetapi, kemesraan yang dimaksud juga merupakan kemesraan dalam batasan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat memperlihatkan kemesraan depan anak:

  1. Menciptakan rasa aman dan tenang melihat orangtua yang harmonis.
  2. Menjadi gambaran mengenai bagaimana ia harus bersikap dengan pasangannya kelak.
  3. Pelajaran untuk mengekspresikan kasih sayang dalam keluarga.
Jadi, jangan takut untuk mengungkapkan kasih sayang di depan anak-anak. Kalau bisa, libatkan mereka dalam menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan kompak.