Makan Bersama Keluarga
​​​​​​

Mulai sekarang mungkin Moms dapat mempertimbangkan waktu makan bersama keluarga sebagai rutinitas yang wajib dilakukan meskipun dalam keadaan sesibuk apapun. Mengapa makan bersama merupakan hal penting?

Karena selain dapat menghemat pengeluaran untuk makan diluar dan bersosialisasi dengan seluruh anggota keluarga, makan bersama keluarga juga memiliki manfaat yang jarang disadari seperti diantaranya dapat mengontrol porsi makan, menentukan menu makanan sehat sehingga nutrisi keluarga terpenuhi, mengenalkan kebiasaan menyantap makanan rumah yang merupakan tradisi sampai dengan mengajarkan sopan santun di meja makan serta tidak pilih-pilih makanan. Hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi anak-anak di rumah, Moms.

Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms

Manfaat Makan Bersama Keluarga untuk Anak
​​​​​​

Rutin makan bersama keluarga menjadi salah satu hal yang berpengaruh bagi anak, Moms. Bagaimana tidak? Berikut ini manfaat makan bersama di dalam sebuah keluarga terutama untuk Si Kecil, Moms.

  • Menjalin komunikasi antar anggota keluarga melalui pembicaraan-pembicaraan yang bersifat santai namun 'berarti' seperti bagaimana aktivitas anak di sekolah, seperti apa perasaannya hari ini atau ada hal menarik lainnya yang bisa dibagikan pada anggota keluarga. Sehingga anak pun akan lebih terbuka dan pintar berkomunikasi dengan orang lain.
  • Mengajarkan anak menghargai makanan serta meningkatkan cita rasa anak agar tidak pilih-pilih soal makanan yang telah disediakan di rumah terutama menu makanan yang baru ditemuinya sekaligus mengenalkannya dengan makanan sehat seperti sayur-sayuran sehingga lebih mudah disukai oleh anak.
  • Mengontrol asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dalam masa tumbuh kembangnya lewat menu makanan sehat rumahan.
  • Mencegah anak sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food yang sangat mudah ditemui ketika makan di luar.
  • Mengajarkannya etika dan sopan santun saat makan seperti makan harus sambil duduk, cara menggunakan peralatan makan yang benar, jangan makan terburu-buru hingga mengucapkan syukur dan terima kasih atas makanan yang telah disajikan.
  • Meningkatkan performa dan prestasi anak-anak menjadi lebih baik di sekolah melalui sikap dan hal positif yang didapatkan saat makan bersama di meja makan minimal lima kali dalam seminggu.
Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms
baca juga

Mengenyangkan Perut Sekaligus

Makan bersama keluarga menjadi momen sehari-hari yang bukan hanya duduk diam menyantap makanan di meja makan dan sekaligus mengenyangkan perut yang lapar, tetapi juga menjadi sarana dalam memberi perhatian pada anggota keluarga satu sama lainnya. Dengan hal ini, makan bisa berubah menjadi suatu hal positif dimulai dari hal paling sederhana namun bermakna.

Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms

Peka Terhadap Anggota Keluarga Lainnya
​​​​​​

Ketika anak-anak sudah mulai besar ataupun beranjak dewasa, mereka pasti disibukkan dengan berbagai kegiatan di luar rumah yang sangat menyita waktu ya, Moms. Untuk itu, makan bersama keluarga menjadi waktu yang tepat untuk memperkuat ikatan keluarga. Anak bisa diajarkan untuk memberi perhatian terhadap orang lain dan anggota keluarga lainnya sekaligus diberikan perhatian mengenai hal-hal menyangkut dirinya atau lingkungannya.

Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms
baca juga

Sarana Mendidik dan Menjadi Panutan

Pada saat makan bersama keluarga, tanpa disadari orangtua sebenarnya dapat memberikan pelajaran atau menanamkan nilai-nilai pada diri anak. Dalam hal ini orangtua dapan menjalankan perannya sebagai panutan dan anak pun dapat mengamati bahkan mengekspresikan dirinya secara langsung. Orangtua dan anak juga dapat bertukar pikiran dan saling memahami kebutuhan masing-masing di saat yang sama.

Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms

Manfaat Sosial
​​​​​​

Kebiasaan makan bersama keluarga yang diterapkan pada anak dapat mempengaruhi pengembangan diri anak dari segi sosial juga, Moms. Hal ini berkaitan dengan nilai-nilai yang ditanamkan orangtua saat di meja makan seperti mengingatkan hal-hal yang tidak baik untuk anak lalukan seperti merokok, minum minuman keras bahkan narkoba. Dengan begitu, akan timbul kesadaran dalam diri anak untuk tidak melakukan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan melainkan mengikuti contoh-contoh yang baik dari orangtuanya.

Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Bisa Jadi Sarana Mendidik Anak Loh, Moms

Setelah makan bersama, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk membersihkan piring kotor dan sisa makanannya di meja loh. Kebersihan rumah juga penting untuk kesehatan keluarga. Karena rumah yang kotor dan berantakan bisa mengancam keluarga sehat loh! Untuk tips sederhananya, Moms bisa klik di sini.