Daun Sirih Merah

Daun sirih merah yang  memiliki nama ilmiah Piper betle L. Var rubrum ini memiliki bentuk yang sama dengan daun sirih hijau biasanya. Namun daun soroh merah memiliki corak dan warna yang lebih memukau. Perpaduan warna merah dan gari-garis putih keabuan menjadikan pemilik tumbuhan ini memanfaatkan untuk tanaman hias di depan rumah. Alih-alih daun sirih merah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk pengobatan. 

Daun Sirih Merah

Daun sirih merah hidup dengan cara merambat pada tumbuhan yang lain. Sebagaimana daun sorih hijau. Jadi jangan salah menentukan ya moms antara daun sirih merah dan hijau, karena manfaatnya juga berbeda untuk pengobatan. 

Kandungan Daun Sirih Merah

Daun sirih merah mengandung berbagai senyawa yang beragam beberapa diantaranya adalah flavonoid, senyawa polevenolad, tanin, dan minyak atsiri. Efek zat aktif yang terkandung daun sirih merah dapat merangsang saraf pusat dan daya pikir.

baca juga

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah yang kaya akan kandungan yang dapat menyembuhkan penyakit memiliki manfaat yang beragam. Berikut beberapa manfaat yang dapat ditemukan dalam daun sirih merah:
  • Menyembuhkan penyakit lambung. Daun sirih merah sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan gejala gerd. Kandungannya mampu lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.
Manfaat Daun Sirih Merah

Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada di dalam tubuh.

  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Manfaat daun sirih untuk diabetes ini berasal dari kandungan antioksidan yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Ragam Pengobatan Alami dengan Daun Sirih Merah

Nah moms berikut beberapa manfaat yang dapat moms temukan dari daun sirih merah. Tentunya tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh ya moms. Karena bahan alami meminimalisir efek samping jika digunakan sesuai dengan dosis dan ketentuan yang benar moms. 

baca juga

Menyembuhkan Penyakit maag

Maag seringkali mengganggu moms dalam istirahat bukan? Oleh sebab itu moms bisa menggunakan daun sirih merah ini untuk menuntaskannya. Kandungan dari daun sirih merah mampu melapisi bagian lambung yang terluka, sehingga moms tidak perlu khawatir untuk menyembuhkannya.

Menyembuhkan Penyakit maag

Cara mengkonsumsinya pun mudah. Moms hanya perlu mengambil tujuh daun sirih merah, cuci bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air. Rebus air tersebut hingga menjadi dua gelas. Kemudian dinginkan dan konsumsi sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Lakukan selama seminggu dan moms akan mendapatkan lambung yang sehat kembali.

Menyembuhkan Penyakit Prostat

Manfaat sirih merah selanjutnya adalah mengatasi penyakit prostat. Penyakit yang seringkali dikhawatirkan kaum pria ini ternyata bisa disembuhkan dengan air daun sirih merah moms. 

Cara membuat ramuan untuk mengobati penyakit prostat adalah merebus lima lembar daun sirih merah dalam dua gelas air. Saat mendidih, tunggu air menyusut hingga tersisa satu gelas air dan saring airnya. Tungggu hingga ramuan dingin, dan minumlah dua kali sehari secara teratur.

Obat Anti Kanker

Manfaat lain dari daun sirih adalah anti kanker. Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2. Sehingga moms akan terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Obat Anti Kanker