Sabun cair atau batangan, mana lebih baik?
Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja.

Sabun Cair atau Sabun Batangan, Mana yang Lebih Baik Ya Moms?

Nah, untuk itu Moms perlu mengetahui kandungan dari masing-masing jenis sabun ini, serta kelebihannya agar bisa menentukan ingin menggunakan sabun yang mana.

Kandungan dalam sabun batangan
Kebanyakan sabun batang yang dibuat dengan bahan alami selalu memasukkan kandungannya dalam bentuk padat ke dalam sabun. Maka jangan heran kalau Moms bisa melihat berbagai buah serta kacang-kacangan ada di dalam produk sabun batangan. Jadi tak hanya membersihkan tubuh saja, manfaat dari kandungannya juga bisa dirasakan langsung manfaatnya. 

Sabun batang juga bisa menjadi pilihan untuk Moms yang memiliki kulit sensitif karena bahan kimia pada sabun batang ternyata lebih sedikit jika dibandingkan dengan kandungan pada sabun cair. 

Sabun Cair atau Sabun Batangan, Mana yang Lebih Baik Ya Moms?
source: https://www.oowoo.net/kenali-dan-gunakan-jenis-jenis-sabun-berikut-ini/

Tahan lama karena bentuknya padat
Sabun batangan berbentuk padat juga membuat sabun lebih tahan lama, selain itu harga sabun batang juga relatif lebih ekonomis. Selain itu, limbah busa yang dihasilkan sabun batang relatif lebih sedikit sehingga bisa jadi pilihan untuk kamu yang peduli lingkungan.

baca juga

Kandungan dalam sabun cair
Sabun cair merupakan  pilihan praktis terutama saat bepergian. Untuk Moms yang memiliki kulit yang cenderung kering, sabun cair bisa jadi pilihan karena kandungan pelembab yang lebih banyak. 

Karena kandungan pelembabnya ini, sabun cair memiliki efek licin pada kulit setelah dibilas dengan air. Kondisi tersebut kadang tidak disukai oleh sebaigan orang yang terbiasa menggunakan sabun batang yang memberi efek kesat setelah mandi.

Harga sabun cair juga relatif lebih mahal dan penggunaanya terkesan lebih boros sehingga membuat sebagian orang enggan memilihnya untuk penggunaan rutin. 

Sabun Cair atau Sabun Batangan, Mana yang Lebih Baik Ya Moms?
source: https://www.alodokter.com/cuci-tangan-pakai-air-dan-sabun-atau-hand-sanitizer

Sabun cair lebih higienis
Jika melihat dari segi kehigienisannya, sabun cair yang tersimpan pada wadah memang lebih terjaga meskipun dipakai bersama-sama.

Agar lebih awet, sebaiknya Moms gunakan spons atau shower puff untuk menghasilkan lebih banyak busa sehingga sabun cair yang digunakan tidak terlalu banyak. Beberapa orang juga menilai bahwa dengan menggunakan sabun cair membuat waktu mandi menjadi lebih cepat dan efisien karena kita tidak perlu membasahi sabun seperti halnya saat menggunakan sabun batang.

Nah, setelah mengetahui kelebihan masing-masing jenis sabun, manakah yang menjadi pilihan Moms?