Pastikan Bayi Menyusu dengan Benar

Agar proses menyusui terasa lebih nyaman dan tanpa rasa sakit, Moms harus memastikan si kecil menyusu dengan benar. Maksudnya adalah seluruh bagian puting masuk ke dalam mulut si kecil dan bibir si kecil ada pada bagian areola.

Pastikan Bayi Menyusu dengan Benar
source: https://id.theasianparent.com/

Posisi yang Nyaman

Agar Moms merasa nyaman saat menyusui, Moms bisa menggunakan bantal atau penyangga untuk menggendong bayi. Hal ini bertujuan agar tangan Moms tidak pegal ketika menyusui si kecil dalam waktu yang lama.

Posisi yang Nyaman
source: https://www.halodoc.com/
baca juga

Lepas Bra

Bra yang tidak pas, mungkin kekecilan, akan menekan payudara dan membuat kulit Mommies menjadi tidak bisa bernapas. Ini bisa membuat puting akan terasa sakit ketika menyusui si kecil. Sebaiknya Moms tidak mengenakan bra. Karena semakin sedikit iritasi maka semakin berkurang juga rasa sakit yang muncul saat menyusui. Tidak hanya itu, karena tidak mengenakan bra maka puting akan cepat sembuh karena ada udara yang masuk.

Lepas Bra
source: https://www.liputan6.com/

Pijat Puting Sebelum Menyusui

Sebelum menyusui, sebaiknya Mommies memijat puting Moms terlebih dahulu. Pijat perlahan agar puting tidak terlalu kering dan kaku. Memijat puting sebelum menyusui akan membuat puting lembab dan mencegah rasa sakit ketika si kecil menyusu.

Pijat Puting Sebelum Menyusui
source: https://id.wikihow.com/
baca juga

Menyusui Tiap 2-3 Jam Sekali

Untuk menghindari puting sakit saat si kecil menyusu, Moms harus membuat jadwal menyusui 2-3 jam sekali. Namun jika si kecil belum mau menyusu, Moms bisa memompasnya terlebih dahulu sebelum disusukan. Hal ini akan mengurangi rasa sakit ketika si kecil menyusu.

Nah Moms, itu tadi tips agar tidak sakit saat menyusui. Semoga bermanfaat, ya. Selamat mencoba, Mommies.