Gaya Belajar Visual

Kemampuan seorang anak dalam menyerap dan memahami sebuah informasi atau pengetahuan ternyata berbeda dengan cara penyerapan yang juga beragam. Salah satu gaya belajar yang cukup menarik untuk dibahas adalah gaya belajar visual.

Gaya Belajar Visual Pada Anak, Bagaimana Ciri dan Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.drgregoryjantz.com/

Anak dengan gaya belajar secara visual biasanya cenderung mengoptimalkan proses belajar dan penyerapan informasi dengan melihat. Dengan kata lain, anak dengan belajar cenderung menggunakan indera pengelihatan dalam memahami sebuah konsep serta menyerap dan mengingat informasi. Biasanya, bentuk-bentuk, posisi, warna, dan ilustrasi akan sangat berperan besar bagi para pembelajar visual. 

Ciri-Ciri Anak dengan Gaya Belajar Visual

Nah, jika si kecil memiliki ciri atau karakteristik berikut ini, bisa dipastikan ia memiliki kecenderungan gaya belajar visual:

  • Memiliki daya ingat yang kuat atas sesuatu yang ia lihat
  • Tidak mudah terganggu dengan suara-suara berisik
  • Senang melihat gambar dan membaca 
  • Mampu mengilustrasikan sesuatu dengan baik 
  • Memiliki respon dan ingatan yang cepat dan kuat terhadap bentuk dan warna
  • Lebih cepat belajar dengan cara mengamati dan melihat 
  • Mampu mencatat informasi dengan detail dan rapi hingga membuat ilustrasinya
Gaya Belajar Visual Pada Anak, Bagaimana Ciri dan Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.femina.in/
baca juga

Kelebihan Anak dengan Gaya Belajar Visual

Anak-anak dengan gaya belajar visual biasanya memiliki karakteristik yang rapi. Ia juga cenderung lebih senang mendengarkan jika dibandingkan dengan melihat. Anak-anak ini juga tampak lebih rapi, teratur, tersusun, dan perfeksionis. Selain itu, anak dengan gaya belajar visual cenderung memiliki daya ingat yang baik dan mampu mengilustrasikan sebuah informasi dengan detail karena memiliki ingatan, kreativitas, dan daya imajinasi yang tajam.

Gaya Belajar Visual Pada Anak, Bagaimana Ciri dan Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.pinterest.com/

Rekomendasi Metode Belajar untuk Anak Visual

Nah, khusus untuk anak-anak dengan gaya belajar visual, Mommy lebih disarankan untuk lebih memperbanyak paparan informasi yang menampilkan gambar dan video. Selain itu, Mommy juga dianjurkan untuk memfasilitasi ia dengan buku tulis dan alat tulis berwarna yang dapat ia gunakan sebagai medianya dalam belajar.

Gaya Belajar Visual Pada Anak, Bagaimana Ciri dan Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.pinterest.com/

Itulah beberapa informasi seputar gaya belajar visual pada anak. Jadi, pastikan Mommy memahami betul bagaimana gaya belajar si kecil agar dapat mengoptimalkan proses belajarnya menjadi lebih efektif, efisien, dan pastinya menyenangkan.