Mengumandangkan Takbir

Merujuk dari beberapa riwayat disebutkan bahwa hal yang pertama dilakukan Rasulullah saat Idul Fitri adalah mengumandangkan takbir. Diriwayatkan pula jika Rasulullah mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadhan hingga pagi hari satu Syawal. Hal ini sesuai firmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185:

“Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur.”

Cara Merayakan Lebaran Ala Rasulullah, Bisa Ditiru Nih Moms!

Memakai Pakaian Terbaik

Cara lain Rasulullah untuk merayakan lebaran yakni memakai pakaian terbaik. Salah satu rutinitas yang Rasulullah lakukan pada pagi hari di bulan Syawal dimulai dari mandi, memakai wangi-wangian, dan mengenakan pakaian terbaik yang beliau miliki. Jadi, tidak berarti pakaian baru ya Moms. 

Hal tersebut dijelaskan dalam sebuh hadits dari Hasan As Shibti berbunyi :“Rasulullah saw. memerintahkan kepada kami agar pada kedua hari raya memakai pakaian yang terbagus, memakai wangi-wangian yang terbaik dan berkurban dengan hewan yang paling berharga.” (HR.Al Hakim)

baca juga
Cara Merayakan Lebaran Ala Rasulullah, Bisa Ditiru Nih Moms!

Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

Dalam sebuah hadist juga disebutkan bahwa:

"Pada waktu Idul Fitri Rasulullah saw. tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Ahmad dan Bukhari) 

Rasulullah biasanya makan sebelum shalat Idul Fitri dengan kurma dalam jumlah yang ganjil; tiga, lima, atau tujuh sebelum shalat Idul Fitri, sebagai tanda jika ramadha telah usai. Karena saat lebaran haram hukumnya untuk berpuasa.
 

Mengambil Jalan yang Berbeda Ketika Berangkat dan Pulang Shalat Idul Fitri

Rasulullah selalu mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang shalat idul fitri. Seperti yang diriwayatkan sebuah hadits : “Apabila Nabi saw. pergi salat hari raya, maka ketika pulang, Beliau menempuh jalan yang berlainan dengan di waktu berangkatnya.” (HR. Ahmad, Muslim dan Turmudzi)

Cara Merayakan Lebaran Ala Rasulullah, Bisa Ditiru Nih Moms!

Mengunjungi Rumah Para Sahabat

Tradisi silaturahim saling mengunjungi saat hari raya Idul Fitri sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah lho Moms. Ketika Idul Fitri tiba, Rasulullah selalu mengunjungi rumah para sahabat, dan begitu pun sebaliknya para sahabat akan mendatangi kediaman beliau.

Saat berkunjung Rasulullah dan sahabat akan saling mendoakan dalam kebaikan. Oh ya Moms adapun ucapan yang biasa Rasulullah sampaikan saat Idul Fitri yaitu: 

"Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amal kami dan kalian) atau ahaalAllahu ‘alaika (Mudah-mudahan Allah memberi balasan kebaikan kepadamu) dan semisalnya.”


Merayakan Idul Fitri sudah pasti memberikan kebahagian bagi muslim dimanapun berada. Dengan merayakan Idul Fitri sesuai  ajaran Rasulullah lebaranpun senatiasa memberikan keberkahan dalam diri dan keluarga. Yuk praktikan merayakan lebaran ala Rasulullah mulai tahun ini!