Memasak memang menjadi aktivitas yang menyenangkan ya, moms. Memasak dengan menggunakan wajan sering dilakukan, baik memasak makanan yang berat maupun makanan ringan. Tapi jika wajan bergerak dapat mengganggu, padahal wajan yang masih mulus lebih sedap dipandang. Penyebab kerak pada wajan biasanya karena moms memasak dengan suhu api yang terlalu besar sehingga wajan gosong hingga bergerak. Kalau wajan sudah terlanjur berkerak, jangan langsung buang wajan. Ikuti cara membersihkan kerak pada wajan dengan bahan alami di bawah ini, moms.

Jeruk Nipis

Bahan alami yang pertama dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon. Jeruk nipis pun biasanya dijadikan bahan sabun pencuci piring yang dipercaya mampu langsung mengusir minyak pada piring atau alat masak lainnya. Untuk menghilangkan kerak pada wajan, moms bisa mencampurkan jeruk nipis dengan beras atau sabun pencuci piring, moms bisa pilih salah satu.

Jangan lupa menggunakan air panas untuk merendam wajan bersamaan dengan beras atau sabun pencuci piring. Moms bisa merendam wajan dengan air panas dan sabun pencuci piring selama 1 malam, sehingga besok paginya dapat memudahkan moms menghilangkan kerak pada wajan.

Jeruk Nipis
baca juga

Soda

Selain dapat membersihkan noda pada kloset, soda juga mampu membersihkan kerak pada wajan. Moms bisa langsung menuangkan air soda ke dalam wajan, kemudian rebus air soda sampai mendidih. Setelah itu, buang soda, dan bersihkan wajan sisa air soda dengan cara menggosok perlahan wajan dengan benda tumpul ya moms.

Soda

Minyak Sayur

Minyak sayur menjadi bahan alami yang mudah ditemukan. Cukup balurkan minyak sayur ke seluruh area wajan, diamkan selama 1-2 jam. Jika sudah selesai, moms bisa gosok seluruh wajan yang berkerak dengan menggunakan spatula kayu. Ingat ya moms, jangan menggosok panci dengan benda tajam, karena bisa merusak kualitas wajan. Minyak sayur pun bermanfaat dapat melunakan kerak yang menempel pada panci.

Minyak Sayur
baca juga

Cuka

Moms bisa rendam selama 1 malam wajan dengan air yang sudah dicampur dengan air cuka. Tidak perlu banyak-banyak mencampurkan cuka, cukup beberapa tetes saja. Keesokan harinya moms bisa membuang air rendaman cuka, kemudian cuci wajan dengan sabun cuci piring.

Cuka

Saus Tomat

Selain nikmat dijadikan pelengkap dalam makanan ringan, saus tomat mengandung asam asetat yang berguna untuk melunturkan kerak pada wajan. Moms hanya perlu menuangkan saus tomat pada bagian wajan yang berkerak, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu moms bisa bersihkan wajan dengan sikat, dan bilas dengan air.

Selamat mencoba ya, moms. Dijamin wajan akan licin seperti baru pertama kali beli.

Saus Tomat