Manis adalah salah satu rasa dasar yang sepertinya menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Mengonsumsi makanan manis selain dapat mengembalikan energi dalam tubuh juga dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagian. Umumnya rasa manis didapat dari penambahan gula pasir, yaitu gula yang didapat dari ekstrak tanaman tebu.

Meskipun umum digunakan dan berasal dari bahan alami, tapi gula tebu dinilai kurang sehat karena mengandung kalori yang tinggi, sehingga saat ini banyak orang memutuskan untuk beralih dari gula tebu ke pemanis alami lain yang lebih sehat. 

Lebih Sehat, Ini 5 Pemanis Alami Selain Gula yang Bisa Moms Coba di Rumah

Pemanis Alami

Pemanis alami merupakan pemberi tambahan rasa manis yang diperoleh dari bahan-bahan nabati maupun hewani. Pemanis alami dihasilkan dari proses ekstraksi atau isolasi dari tanaman atau buah melalui enzimasi. Di pasaran sendiri tedapat beragam pemanis alami selain gula pasir yang bisa moms pilih. Pemanis-pemanis alami ini diklaim lebih sehat karena memiliki kandungan
kalori dan glukosa yang lebih rendah dibanding dengan gula pasir.  

Pemanis Alami
baca juga

Madu

Madu berasal dari lebah yang mengambil sari pada bunga dan mengumpulkannya di sarang kemudian diubah menjadi semacam sirup kental. Kelebihan madu dibanding gula pasir adalah tidak meningkatkan kadar gula darah dalam waktu yang cepat. Selain itu madu juga mengandung potasium yang membantu mengurangi sakit tenggorokan. Madu juga kaya akan vitamin B dan C yang baik untuk menjaga kekebalan atau imunitas tubuh.

Madu

Gula Kelapa

Dibuat dari ekstrak getah pohon kelapa, gula kelapa dibentuk padat dengan tekstur sedikit keras, berwarna coklat dan umumnya berbentuk setengah lingkaran karena dicetak dalam batok kelapa. Memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, di dalam gula kelapa juga terdapat beragam nutrisi seperti zat besi, kalium, vitamin C, magnesium dan fosfor. Gula kelapa yang sering dijadikan campuran dalam makanan khas Jawa ini akan membuat tubuh bertenaga serta bisa membantu melawan sel kanker. 

Gula Kelapa
baca juga

Sirup Maple

Sirup maple terbuat dari getah pohon maple yang diekstrak sehingga menjadi berbentuk cair dan kental. Di dalam sirup maple terkandung zinc, magnesium, dan zat besi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi sirup maple, selain enak untuk dijadikan sebagai bahan pemanis bahan makanan juga dipercaya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Sirup Maple

Molase

Molase adalah produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu atau gula bit, di Indonesia molase disebut juga sebagai tetes tebu. Tetes tebu didapat dari hasil pemisahan kristal gula saat pengolahan gula tebu, molase berbentuk cairan kental berwarna cokelat. Meskipun sama-sama dihasilkan dari pengolahan tebu, tapi di dalam molase terkandung lebih banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B6, kalsium, potasium, Zat besi, Magnesium, Mangan, dan Selenium. Molase adalah bahan yang tepat untuk menggantikan gula, karena konsumsi molase secara tepat dapat memberikan manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan tulang, jantung, dan mengontrol kadar gula darah.

Molase