Pilih Kacang Tanah

Untuk membuat kacang goreng bawang yang renyah dan gurih, Moms harus memilih kacang tanah yang memiliki kualitas bagus. Biasanya kacang tanah dengan kualitas yang bagus ditandai dengan kulit ari yang masih melekat dengan warna terang merata. Jika kacang tanah dicampuri dengan yang muda, kisut dan ukuran tak sama berarti kacang tanah kurang baik kualitasnya. Jadi jeli dalam memilih kacang tanah ya, Moms.

Pilih Kacang Tanah
source: https://www.tokopedia.com/

Rendam Kacang Dalam Air Mendidih

Rendam terlebih dahulu kacang tanah dalam air mendidih dan biarkan beberapa saat hingga kulit arinya melunak. Kemudian kupas kulit ari dengan menggosok-gosok kacang tanah. Cuci dan tiriskan.

Rendam Kacang Dalam Air Mendidih
baca juga

Haluskan Bumbu

Setelah selesai dengan kulit ari yang terkelupas, selanjutnya Moms siapkan bumbu halusnya. Untuk 1 kg kacang tanah, Moms memerlukan 5 siung bawang putih dan 1 sdm garam. Kemudian lumuri kacang tanah tadi dengan bumbu halus dan diamkan selama 1 jam.

Haluskan Bumbu
source: http://palembang.tribunnews.com/

Goreng Dalam Minyak Panas

Untuk menghasilkan kacang yang renyah, pastikan kacang yang Moms goreng terendam dalam minyak atau biasa disebut deep frying. Gunakan api sedang dan aduk sesekali agar merata. Setelah kacang berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan. Diamkan hingga benar-benar dingin agar tekstur kacang mengeras.

Goreng Dalam Minyak Panas
source: https://www.cookwarejudge.com/
baca juga

Tambahkan Bawang Putih Goreng

Langkah terakhir adalah tambahkan bawang putih goreng supaya makin enak. Caranya siapkan 100 g bawang putih, iris tipis dan goreng sampai kuning. Aduk kacang yang sudah digoreng tadi dengan bawang putih goreng, dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup.

Tambahkan Bawang Putih Goreng
source: https://dapurhangus.wordpress.com/

Nah Moms, itu tadi tips membuat kacang goreng bawang renyah dan gurih untuk sajian lebaran. Dijamin deh kacang goreng bawang buatan Mommies akan menjadi camilan favorit saat lebaran. Selamat mencoba ya, Moms.