Lebih Baik Rumah Atau Apartemen, Ya?

Investasi Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan Ya?
source: https://www.rentecdirect.com/

Bagi para pasangan muda yang sedang bingung mencari media tempat investasi yang berdaya guna, tentu tempat tinggal menjadi salah satu pilihan yang sangat direkomendasikan. Tidak hanya nilainya yang terus bertambah, rumah dan apartemen juga memiliki daya guna yang besar dalam kehidupan. Namun, mengingat perannya yang cukup besar, Mommy tidak boleh sembarangan dalam membeli sebuah tempat tinggal. Apalagi saat harus memilih antara rumah dan apartemen. Pasalnya, keduanya memiliki nilai plus dan minusnya masing-masing.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tempat Tinggal

Investasi Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan Ya?
source: https://www.expatica.com/

Saat Mommy memutuskan untuk berinvestasi dengan membeli tempat tinggal, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan, yaitu :

  1. Akses lokasi. Akses merupakan salah satu bagian penting yang harus Mommy pertimbangkan saat akan membeli sebuah tempat tinggal. Jangan sampai lokasi yang sulit dicapai mempersulit aktivitas sehari-harimu.
  2. Lingkungan. Pertimbangkan juga bagaimana lingkungan sekitar tempat tinggal. Pastikan bahwa lingkungan tersebut aman dan terjaga dengan baik.
  3. Fasilitas sekitar. Pastikan bahwa area di sekitar rumah dekat dengan supermarket, taman, halte atau stasiun, atau pusat perbelanjaan lain. Ini penting untuk mengetahui apakah area tersebut benar-benar nyaman untuk ditinggali.
Setelah itu, barulah Mommy dapat mempertimbangkan bentuk dan desain tempat tinggal sesuai selera.
baca juga

Perbedaan Rumah Tinggal dan Apartemen

Rumah
Rumah memiliki kelebihan di mana kepemilikannya juga mencakup tanah tempat bangunan didirikan. Jenis tempat tinggal ini juga lebih dikenal dengan sebutan rumah tapak. Hal ini cukup penting karena harga tanah yang kian naik akan membuat nilai dari rumah tersebut juga bertambah setiap tahunnya. 

Tidak hanya itu, rumah tinggal juga memiliki ruang yang lebih luas di mana seseorang dapat memanfaatkan banyak lahan untuk digunakan. Membesarkan anak di rumah tapak juga dapat membuat mereka lebih banyak kesempatan untuk bermain di ruang terbuka.

Namun, sayangnya rumah seperti ini belakangan harganya semakin melonjak, khususnya untuk yang berada di daerah-daerah dengan akses baik. Sedangkan, rumah dengan harga murah biasanya memiliki akses yang kurang.

Investasi Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan Ya?
source: https://www.dezeen.com/

Apartemen
Belakangan, apartemen memang terlihat menjanjikan. Apalagi bagi mereka yang ingin memiliki hunian di tengah ibukota. Sayangnya, memiliki rumah di Jakarta sudah hampir mustahil untuk didapatkan mengingat ruang yang semakin terbatas sehingga harga jual rumah dan tanah juga melangit. Nah, keberadaan apartemen membuka kesempatan bagi mereka yang ingin memiliki tempat tinggal dengan akses mudah kemana pun di tengah kota. Tentu, apartemen ini juga menjadi jawaban bagi generasi millennial yang tidak ingin tua di jalan, alias terjebak kemacetan sepanjang hari.

Tidak hanya itu, sebagian besar apartemen juga dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap untuk kebutuhan harian. Sebut saja ruang gym, kolam renang, atau taman bermain anak. Dengan tinggal di apartemen, Mommy tidak lagi perlu memusingkan akses fasilitas tersebut karena semua ada dalam area tempat tinggal.

Meskipun begitu, pertimbangkan akses kepemilikan dari sebuah apartemen sendiri. Pasalnya, yang dimiliki seseorang dari sebuah apartemen hanyalah bangunan saja. Status hak milik ini harus menjadi pertimbangan yang matang apakah apartemen akan menjadi pilihan investasi terbaik?

Investasi Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan Ya?
source: https://www.booking.com/

Itulah beberapa hal penting yang harus Mommy pertimbangkan saat akan memilih investasi properti. Semoga bermanfaat, ya!