1. Gaya Hidup yang Terlalu Tinggi

Moms Susah Menabung? Jangan-jangan Ini 5 Penyebabnya!
source: http://beyondwealth.ca/

Sebagian orang menganggap bahwa gaya hidup itu relatif, bergantung pada penghasilan dari masing-masing individu. Sekilas memang pertanyaan itu benar, tetapi jika ditelaah lebih lanjut mungkin itu hanya berlaku bagi mereka yang cenderung konsumtif dalam hidup. Sadarilah bahwa pada dasarnya biaya hidup seseorang untuk bisa menjalani kehidupan dengan layak dan nyaman tidak semahal itu. Rutinitas nongkrong di kafe dan nonton bioskop tiap pekan menjadi faktor terkuat yang menyebabkan kebanyakan dari generasi muda kesulitan untuk menabung.

2. Tidak Bisa Membedakan Kebutuhan Primer dan Sekunder

Moms Susah Menabung? Jangan-jangan Ini 5 Penyebabnya!
source: https://insurelative.com/

Kalaupun seseorang sudah mengaku memiliki gaya hidup yang normal tanpa ada rutinitas nongkrong di kafe, faktor yang juga menjadi penyebab sulit menabung adalah tidak bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan primer dan mana yang kebutuhan sekunder. Sebut saja kecenderungan untuk mengganti handphone tipe terbaru, menambah koleksi lipstik, atau bahkan berbelanja baju terbaru untuk kondangan. Padahal, jika pengeluaran-pengeluaran tersebut ditekan, bayangkan sudah berapa banyak tabungan yang berhasil dikumpulkan.

baca juga

3. Cicilan yang Terlalu Besar

Moms Susah Menabung? Jangan-jangan Ini 5 Penyebabnya!
source: https://lifeandabudget.com/

Sebagian besar orang menganggap bahwa cicilan merupakan bagian dari investasi atau tabungan. Tapi tunggu dulu, cicilan ternyata dapat menjadi senjata makan tuan jika tidak direncanakan dengan matang. Akses dan kemudahan untuk mencicil membuat kebanyakan dari generasi era sekarang cenderung memilih untuk mencicil saat akan membeli suatu barang. Tanpa disadari, cicilan tersebut akan menumpuk dan menjadi tagihan-tagihan yang menyebabkan Mommy sulit untuk menabung. Alhasil, hidup hanya akan dipenuhi dengan tangihan hutang yang terus menumpuk.

4. Tidak Memisahkan Rekening Harian dan Tabungan

Moms Susah Menabung? Jangan-jangan Ini 5 Penyebabnya!
source: https://www.mccombstudents.com/

Jangan pernah menyepelekan langkah memisahkan rekening tabungan dan rekening harian. Ini sangat penting untuk bisa menjaga uang yang sudah ditabung agar tidak digunakan dengan mudah. Bahkan, jika perlu pilihlah rekening khusus tabungan yang hanya bisa digunakan dengan limit terbatas. Dengan begitu, uang tabungan dapat Mommy transfer tiap gajian dan tidak bisa diotak-atik setelahnya.

baca juga

5. Terlalu Royal Pada Orang Lain

Moms Susah Menabung? Jangan-jangan Ini 5 Penyebabnya!
source: https://nowfinance.com.au/

Memang, berbagi merupakan bagian dari sedekah. Namun, jika sudah berlebihan, Mommy malah cenderung melupakan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. Pada dasarnya, kita memang harus menyisihkan uang untuk diberikan ke orang lain yang membutuhkan, tapi bukan dengan sering mentraktir orang lain. Apalagi mengingat tradisi generasi masa kini di mana kebutuhan sosial sangat mahal, mulai dari patungan untuk pesta bridesmaid, jahit gaun bridesmaid, kado pernikahan teman, dan lain sebagainya. Jadi, pertimbangkan dengan baik, ya!