1. Hentikan Rutinitas Menata Rambut 

Sebelum Terlambat, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan!
source: https://www.rankandstyle.com/

Setelah melahirkan, kebanyakan dari para Mommy tentu ingin tetap tampil cantik dan segar dengan menata rambut, bukan? Sayangnya, penggunaan alat penata rambut seperti hairdryer dan catokan dapat membuat kerontokan rambut semakin parah. Tidak heran jika kerontokan yang terjadi akan semakin banyak dan rambut ketebalan berkurang secara signifikan. Selain itu, perhatikan juga sisir yang Mommy gunakan. Jangan menggunakan sisir yang terlalu rapat karena dapat menarik rambut dengan keras dan membuatnya cepat rontok.

2. Pilih Asupan Bernutrisi

Sebelum Terlambat, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan!
source: https://www.getthegloss.com/

Rambut dan kulit merupakan bagian tubuh yang paling banyak mendapatkan pengaruh dari asupan makanan dan minuman yang bergizi. Tidak heran jika Mommy ingin mendapatkan rambut yang sehat, memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut sehingga tampak lebih sehat dan kuat. Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut antara lain :

  • sayuran hijau gelap, dengan kandungan zat besi dan vitamin C
  • ubi dan wortel, dengan kandungan beta karoten
  • telur, dengan kandungan vitamin D
  • dan ikan, dengan kandungan omega-3 dan magnesium
baca juga

3. Menambah Asupan Vitamin

Sebelum Terlambat, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan!
source: https://www.healthline.com/

Meskipun vitamin tidak bisa menggantikan asupan nutrisi dari makanan padat, Mommy tetap bisa mengonsumsi tambahan vitamin untuk memenuhi kekurangan dari nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Secara umum, asupan vitamin pasca kehamilan memang tidak langsung memperbaiki kekuatan rambut. Akan tetapi, dengan mengonsumsi tambahan suplemen, Mommy dapat memastikan bahwa kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh sudah terpenuhi dengan baik.

4. Potong Rambut Menjadi Pendek

Sebelum Terlambat, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan!
source: https://www.parents.com/

Terakhir, jika rambut masih tampak rontok, cara terakhir yang bisa Mommy lakukan adalah dengan memotong pendek rambut yang panjang. Hal ini akan berpengaruh banyak, sebab rambut yang panjang cenderung lebih berat sehingga akar rambut yang kurang kuat tidak lagi mampu menahan rambut tersebut. Saat rambut dipotong pendek, beban akar rambut akan semakin berkurang sehingga kerontokan akan jauh berkurang.