Keutamaan Puasa Syawal Seperti Puasa Setahun Penuh, Bagaimana Caranya?

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan selama enam hari di bulan Syawal. Namun biasanya, puasa ini lumayan berat dikerjakan Moms. Karena memang ada beragam makanan lezat di hari raya yang sayang jika dilewatkan. Tapi mulai lebaran kali ini kita niat sungguh-sungguh yuk, supaya bisa melaksanakan puasa sunnah yang memiliki keutamaan yang besar ini. Apa sih keutamaan dari puasa Syawal?
 
Puasa Syawal merupakan ibadah penyempurna dari puasa Ramadhan kita yang pastinya masih memiliki kekurangan. Dengan puasa Syawal, pahala kita dihitung puasa satu tahun penuh loh. Sebagaimana terdapat dalam hadits riwayat Imam Muslim, bahwa,

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Jika kita memiliki hutang puasa Ramadhan, alangkah baiknya kita mengqadha’ puasa Ramadhan tersebut  terlebih dahulu, kemudian baru dilanjutkan dengan melaksanakan puasa Syawal selama enam hari. Lebih diutamakan pula puasa Syawal tersebut dilaksanakan secara berturut-turut bun, meskipun diperbolehkan juga tidak berturut-turut. 

Keutamaan Puasa Syawal Seperti Puasa Setahun Penuh, Bagaimana Caranya?

Waktu dan Cara Melaksanakan Puasa Syawal
 
Puasa Syawal dilaksanakan selama 6 hari di bulan Syawal mulai tanggal 2 Syawal. Kenapa dimulainya tanggal 2 ya? Karena memang 1 Syawal adalah hari raya Idul Fitri dan demikian merupakan hari diharamkan berpuasa.
 
Menurut Imam syafi’I dan Hanafi, puasa Syawal lebih utama dilaksanakan secara berturut-turut mulai tanggal 2 hingga 7 Syawal. Namun tetap tidak apa jika dilaksanakan tidak berurutan, asalkan masih di bulan Syawal.
 
Tata cara puasa Syawal sama dengan puasa yang lainnya, namun berbeda pada niatnya saja, Moms. Selain itu, karena bukan puasa wajib maka niat puasa Syawal boleh dilakukan di malam hari ataupun di pagi hari sebelum makan atau minum sesuatu.
 
Pelafalan niat puasa Syawal memang tidak disyari’atkan bun, meskipun jumhur ulama mensunnahkannya, dan berikut lafadz niatnya:

نَوَيتُ صَومَ غَدٍّ عَنْ سِتَّةٍ مِن شَوّاَلٍ سُنَّةً لِلّه تَعالى

 
Semoga kita semua diberikan kemampuan melaksanakan puasa Syawal. Amin.