Aura berbagi keinginan ngidamnya ini melalui Instagram Story. Sebelumnya ia mengungkapkan jika ia ngidam melihat aneka binatang. Kemudian ia kembali menuliskan keinginan ngidam-nya yang sangat tak biasa, yaitu makan beras.

Bukan beras dalam bentuk nasi ya, moms tetapi Aura Kasih ngidam makan beras mentah. Ia sendiri juga kurang tahu mengapa dirinya hobi sekali ngemil beras mentah. Aura Kasih merasa dirinya secara tiba-tiba saja terpikir ingin makan beras.

Bagi sebagian besar orang mungkin ngidam yang dialami oleh Aura kasih ini cukup aneh, tapi bagaimana dalam dunia medis? Apakah ngidam ini berbahaya?

Aura Kasih Hobi Ngemil Beras Saat Hamil, Amankah Untuk Ibu dan Janin?
source: https://www.instagram.com/aurakasih

Bolehkah ibu hamil makan beras mentah?

Menurut Dr Rudiyanti, Sp.OG, wanita mengalami perubahan hormonal ketika hamil. Perubahan hormon yang terjadi ini mempengaruhi kondisi fisik para ibu hamil. Sebanyak 95% ibu hamil mengalami masalah pada lambung seperti mual, eneg, atau perut sebah. Sementara untuk makanan, mereka lebih suka makanan dengan rasa asam, segar, atau pedas.

Kebiasaan ngidam yang dialami Aura Kasih ini cukup wajar menurut Dr. Rudiyanti. Kebiasaan mengkonsumsi beras mentah ini memang tidak membahayakan janin secara langsung akan tetapi hal ini kurang memiliki manfaat dari segi kesehatan bagi ibu hamil dan janin.

Namun jika makan beras mentah ini bisa menjadi salah satu cara bagi ibu hamil supaya makanan bisa masuk ke tubuh maka dokter pun mengizinkan. Syaratnya harus memperhatikan kebersihan beras dan tetap mengkonsumsi makanan lain dengan gizi seimbang agar janin tumbuh optimal.

Aura Kasih Hobi Ngemil Beras Saat Hamil, Amankah Untuk Ibu dan Janin?
source: https://www.instagram.com/aurakasih
baca juga

Bahaya makan beras mentah

Beras mentah mengandung bakteri yang dapat menimbulkan diare pada ibu hamil, jika beras tersebut tidak dicuci dengan bersih. Ibu hamil yang mengalami diare berpotensi untuk terserang dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi janin, dimana dapat memicu terjadinya kontraksi dan membuat peredaran darah ke janin menjadi tidak lancar.

Sementa itu ada pula anggapan yang beredar di masyarakat Indonesia jika ibu hamil suka makan beras mentah maka saat lahir nanti bayinya akan memiliki bintik-bintik putih pada bagian wajah. Menurut Dr Rudiyanti, Sp.OG anggapan ini hanya mitos belaka karena sejauh ini belum ada korelasi antara asumsi tersebut dengan fakta yang ditemukan di dunia medis.

Aura Kasih Hobi Ngemil Beras Saat Hamil, Amankah Untuk Ibu dan Janin?
source: https://www.instagram.com/aurakasih