1. Tinggalkan Mental Bergantung Pada Perusahaan

Menyiapkan Dana Pensiun, Harus Dimulai Sejak Kapan Ya?
source: https://www.sowetanlive.co.za/

Meskipun tempat Mommy bekerja memberikan jaminan uang pensiun, jangan pernah menggantungkan kehidupan di masa pensiun dengan uang jaminan pensiun dari perusahaan. Pertimbangkan dana pensiun yang pasti lebih sedikit dari gaji bulanan yang biasa diterima. Selain itu, inflasi juga akan membuat biaya pokok kehidupan akan naik. Jadi, pastikan Mommy sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi-kondisi seperti itu.

2. Ikuti Program Dana Pensiun di Bank

Menyiapkan Dana Pensiun, Harus Dimulai Sejak Kapan Ya?
source: https://www.sorrentopacific.com/

Memahami fakta bahwa dana pensiun yang dijaminkan oleh perusahaan dan kebutuhan biaya hidup yang terus meningkat seharusnya membuat Mommy berupaya lebih dalam mempersiapkan dana pensiun. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah dengan mengikuti program dana pensiun di Bank. Menyisihkan uang sejak dini untuk tambahan dana pensiun akan membuat jaminan di masa tua lebih aman.

baca juga

3. Bedakan Dana Darurat dan Dana Pensiun

Menyiapkan Dana Pensiun, Harus Dimulai Sejak Kapan Ya?
source: https://www.firstrepublic.com/

Dana pensiun merupakan sejumlah uang yang dipersiapkan untuk diberikan setelah seseorang tidak lagi dapat bekerja dengan produktif. Tentu ini berbeda dengan dana darurat yang biasa digunakan untuk segala keperluan mendadak sehari-hari. Memisahkan tabungan dana pensiun dan tabungan dana darurat sangat penting untuk memastikan keduanya tersiapkan dengan maksimal.

4. Bedakan Dana Pensiun dan Dana Investasi

Menyiapkan Dana Pensiun, Harus Dimulai Sejak Kapan Ya?
source: https://www.betterment.com/

Bukankah investasi dapat menjadi cara untuk memperoleh keuntungan dari perputaran sejumlah dana? Ya, investasi merupakan salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan untuk memberikan keuntungan di masa depan. Namun, ingatlah bahwa berinvestasi juga dapat memberikan risiko. Jadi, jangan menggantungkan dana pensiun pada investasi yang Mommy miliki. Tetap siapkan alokasi khusus untuk dana pensiun nanti.

baca juga

5. Kendalikan Gaya Hidup

Menyiapkan Dana Pensiun, Harus Dimulai Sejak Kapan Ya?
source: http://www.incomcorporation.com/

Terakhir, gaya hidup yang terus naik seiring dengan bertambahnya penghasilan menjadi penyebab utama seseorang melewatkan alokasi dana pensiun untuk masa tuanya. Padahal, sudah sepatutnya seseorang menaikkan anggaran tabungan ketika ia mendapati penghasilannya bertambah. Bukan dengan menaikkan standar dan gaya hidup. Percayalah bahwa memiliki gaya hidup yang stabil tanpa banyak terpengaruh tren dan merancang pengaturan keuangan dengan detail akan membuat Mommy lebih siap menghadapi masa pensiun kelak.