1. Kenalkan Buku Sejak Bayi

Cara Membuat Anak Suka Baca Buku, Nomor 4 Penting Banget, Moms
source: https://douglascuddletoy.com/

Belakangan ini semakin populer buku-buku yang khusus diproduksi untuk bayi. Buku dengan material lembut dan warna-warna cerah ini memang sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang si kecil saat balita. Tidak hanya itu, anak juga akan menjadi lebih familiar dengan bentuk-bentuk buku. Membiasakan anak dengan buku sejak kecil adalah cara paling mendasar untuk memunculkan minat anak dalam membaca nantinya.

2. Luangkan Waktu untuk Membaca Bersama

Cara Membuat Anak Suka Baca Buku, Nomor 4 Penting Banget, Moms
source: https://www.smithsonianmag.com/

Tidak hanya dengan memberikan buku pada anak. Mommy juga harus meluangkan lebih banyak waktu untuk lebih mendekatkan si kecil dengan buku-bukunya. Salah satu caranya adalah dengan membacakan cerita pada buku anak-anak di malam hari menjelang waktu tidurnya. Selain di malam hari, Mommy juga bisa menyelipkan waktu membaca buku dengan anak di sela-sela waktu bermainnya pada siang hari. Memperbanyak kontak anak dengan buku, ia akan menjadi dekat dan familiar dengan buku-buku itu sendiri.

baca juga

3. Rutinlah Mengajak Anak ke Toko Buku dan Perpustakaan

Cara Membuat Anak Suka Baca Buku, Nomor 4 Penting Banget, Moms
source: https://www.scarymommy.com/

Membangun kebiasaan baik membaca juga harus dilengkapi dengan mengubah rutinitas hiburan ke arah yang lebih mendekatkan anak pada buku-buku. Daripada mengajak anak ke toko mainan, ajaklah ia ke toko buku dan belikan buku-buku yang menurutnya menarik untuk dibaca. Mommy juga bisa mengajaknya ke perpustakaan untuk menambah kecintaannya pada buku. Pembiasaan ini akan sangat membantu membuat anak menjadi lebih gemar membaca.

4. Jauhkan Anak Dari Gadget

Cara Membuat Anak Suka Baca Buku, Nomor 4 Penting Banget, Moms
source: https://www.thestatesman.com/

Terakhir, jangan lupa dengan tantangan di era digital di mana gadget menjadi alat yang sangat menarik untuk anak-anak. Jika Mommy ingin mendidik anak agar gemar membaca, Mommy lebih disarankan untuk menjauhkan si kecil dari paparan gadget sejak dini. Selain menjauhkan si kecil, Mommy juga harus memberikan contoh untuk tidak selalu terikat dengan gadget Mommy sendiri. Ingatlah bahwa anak merupakan peniru yang ulung. Jadi, contohkan dan ajaklah anak untuk dekat dengan buku.