1. Dengarkan Masalah Yang Terjadi

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Bertengkar dengan Temannya?
source: http://www.mommyish.com/

Saat anak mengalami perselisihan dengan temannya, baik itu saat bermain atau belajar, biasanya ia akan mengadu pada Mommy untuk mendapatkan perlindungan dan pembenaran. Hal ini sangat lumrah terjadi. Hal pertama yang harus Mommy lakukan adalah mendengarkan cerita dari perspektifnya. Tapi ingat, jangan memberikan gesture yang menunjukkan bahwa Mommy setuju dengan semua yang dirasakan. Pasalnya, kemungkinan besar anak kita juga bersalah dalam sebuah pertengkaran.

2. Respon Cerita Anak Dengan Bijaksana

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Bertengkar dengan Temannya?
source: https://eu.usatoday.com/

Saat anak menceritakan tentang permasalahannya dengan teman, janganlah Mommy menunjukkan sikap membela berlebihan. Tindakan ini dapat membuat anak menjadi sosok yang egois dan tidak mau kalah. Mommy harus sadar bahwa Mommy adalah mediator yang harus bersikap dewasa dan bijaksana. Bantulah anak berpikir mengenai sebab akibat mengapa sebuah masalah dan pertengkaran terjadi.

baca juga

3. Tegas Saat Anak Bersalah

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Bertengkar dengan Temannya?
source: https://www.collective-evolution.com/

Saat Mommy merasa bahwa si kecil sebenarnya juga bersalah dalam pertengkaran tersebut, bersikaplah tegas dan nasihatilah ia dengan cara yang baik. Pastikan Mommy tidak menegurnya di depan teman-temannya untuk menghindari ejekan dari temannya. Buatlah anak berpikir bahwa sikap dan tindakannya itu salah. Situasi ini sebenarnya dapat menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan empati dan simpati pada orang lain. Jangan lupa untuk mendorong anak agar bisa bersikap ksatria dengan meminta maaf atas kesalahannya.

4. Berikan Arahan Saat Anak Benar

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Bertengkar dengan Temannya?
source: https://www.verywellfamily.com/

Di sisi lain, kalaupun anak melakukan tindakan yang benar, pastikan Mommy tidak mengomporinya dengan menjelek-jelekan temannya. Arahkan anak untuk bisa bersikap dewasa saat ia diperlakukan tidak baik oleh temannya. Hal ini penting untuk tidak membuat anak mudah merendahkan orang lain meskipun dirinya benar. Mommy juga bisa mengajarkan anak untuk memaafkan di momen seperti ini. 

baca juga

5. Komunikasi Antar Orangtua

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Bertengkar dengan Temannya?
source: https://yourteenmag.com/

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk menjalin hubungan baik dengan orangtua teman si kecil. Hal ini penting untuk membangun kekompakkan dalam bersikap menghadapi pertengkaran yang dialami anak-anak.