1. Suka Minum Kafein

Duh, mom hentikan sekarang juga kalau kamu masih doyan banget mengonsumsi minuman berkafein. Minuman yang mengandung kafein bukan hanya kopi lho, tapai juga teh, minuman berenergi dan bersoda. Kandungan kafein sangat berpengaruh terhadap kesuburan, bahkan zat ini bisa menyebabkan keguguran lho. 
 

source: http://www.blogher.com



 

2. Merokok

Kalau kamu ingin segera hamil, sebaiknya stop merokok sekarang juga! Nikotin dan zat lain yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu fertilitas sehingga wanita akan kesulitan untuk hamil. Duh, serem banget kan? 
 

source: http://time.com



 

baca juga

3. Minum Alkohol

Minuman beralkohol dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan gangguan pada sel telur.  Perkembangan sel telur tentunya akan terhambat jika kamu terus mengkonsumsi alkohol. Jika ingin segera memiliki momongan, stop mengonsumsi alkohol sekarang juga. 
 

source: http://womenandalcohol.rutgers.edu/



 

4. Stress

Kondisi psikologis seseorang sangat berpengaruh terhadap kesehatan termasuk juga gangguan kesuburan pada wanita. Tidak bisa dihindari bahwa, jika psikologis dalam keadaan tidak baik, maka sel telur akan sulit matang yang mengakibatkan wanita sulit hamil. 
 

source: http://www.omega-3-blog.com