Mengenal Tradisi Lebaran Ketupat Unik di Masyarakat Indonesia, Yuk Serbu Moms!

Lebaran Ketupat Sumenep

Seminggu usai 1 Syawal ternyata masih ada peringatan Lebaran Ketupat di berbagai daerah salah satunya di Sumenep. Lebaran ketupat Sumenep disebut Tellasan Topa. Di Madura lebaran ini dirayakan dengan meriah dan penuh kegembiraan. Banyak tempat wisata seperti Pantai Lombang Sumenep, Pantai Camplong Sampang, dan tempat wisata lainnya menggelar berbagai hiburan khusus menyambut lebaran ketupat ini.

Pada lebaran ini ketupat biasanya warga merayakan dengan menggelar lomba makanan dari bahan ketupat dan lepet. Keunikan lomba ini terdapat pada dekorasi ketupat dan lepet yang bervariasi dan unik. Setelah dilombakan ketupat tadi dihidangkan langsung diserbu warga untuk dimakan bersama-sama.

Mengenal Tradisi Lebaran Ketupat Unik di Masyarakat Indonesia, Yuk Serbu Moms!

Lebaran Ketupat Surabaya

Tak kalah seru dari daerah lain Surabaya juga punya tradisi lebaran ketupat. Di lebaran ketupat Surabaya akan banyak sajian ketupat yang ditawarkan di depan rumah warga. Walau hanya dirayakan di daerah pesisir namun tradisi ini sungguh meriah. Menurut Tri Eko Sulistyowati Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan Sukolilo Baru, keseruan lain dapat dilihat saat anak-anak didandani dengan pakaian tradisional sebelum menyajikan ketupat sayur bagi yang datang.

Selain itu, sajian kupatan di kampung nelayan ini sangat beragam. Ada lepet, lontong ketupat, sayur lodeh, dan yang khas adalah rajungan. Puluhan warga sekitar pun memadati festival ini. 

baca juga
Mengenal Tradisi Lebaran Ketupat Unik di Masyarakat Indonesia, Yuk Serbu Moms!

Lebaran Ketupat Ternate

Perayaan lebaran ketupat Ternate disebut dengan Buka Sunnah. Buka Sunnah oleh masyarakat Maluku Utara sudah menjadi tradisi turun-temurun. Sebelum merayakan lebaran ketupat ini biasanya masyararakat terlebih dulu melaksanakan puasa sunah. Yang lebih istimewa lagi pada perayaan ini ada dengan pembacaan doa "Khatam Alquran", "Selamatan Kampung", dan dilanjutkan doa "Tolak Bahala". Dan setelah pembacaan doa dari seluruh hakim syara' (ketua adat)  dan tokoh agama selesai barulah seluruh warga bisa menikmati hidangan ketupat yang disediakan.

Mengenal Tradisi Lebaran Ketupat Unik di Masyarakat Indonesia, Yuk Serbu Moms!

Lebaran Ketupat Trenggalek

Lebaran ketupat di Jawa Timur juga tidak kalah dengan daerah-daerah lain, yang paling dikenal tentu lebaran ketupat Trenggalek tepatnya di Durenan. Hal ini terjadi karena seluruh masyarakat Durenan menyelenggarakan open house dengan sajian ketupat sayur nan nikmat untuk seluruh warga tanpa terkecuali.

Menurut Fattah Mu'in Pengasuh Pondok Pesantren Babul Ulum, Durenan, KH Abdul Fattah Mu'in, munculnya tradisi kupatan di lingkunganya dimulai sejak 200 tahun silam, dimulai dari pimpinan pesantren Kyai Abdul Masyir yang sering melakukan open house lebaran ke-8 untuk para santri dan masyarakat sekitar. Nah, dari tradisi silahturami inilah yang kemudian tumbuh dan berkembang di Durenan menjadi sebuah perayaan yang tak kalah meriah dari 1 Syawal itu sendiri.

Adanya keragaman tradisi lebaran ketupat tentu membuat Moms makin ini mencoba mendatangi semua ya. Makanya Moms yuk datang berwisata sekaligus lebaran ketupat di tempat-tempat tersebut dijamin seru!