Turunnya Konsentrasi

Turunnya konsentrasi belajar bisa jadi merupakan dampak yang timbul karena  anak terlalu aktif dengan gadgetnya. Pendapat tersebut juga disampaikan langsung oleh ketua dewan pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak, Dr. Seto Mulyadi, Psi M. Psi, juga berpendapat bahwa terlalu sering main gadget akan berpengaruh pada fokus anak.

Awalnya anak hanya merasa asik bermain, tapi lama-kelamaan si kecil lebih sering berimajinasi mengenai tokoh game yang sering dimainkan dan akhirnya menjadi susah untuk melakukan fokus pada hal lain.

Si Kecil Doyan Main Gadget? Waspada! Ini Dampak Buruknya Pada Perilaku Anak

Malas Membaca dan Menulis

Psikiater Anak dan Remaja Universitas Hasanuddin, Rinvil Renaldi, bahkan berpendapat bahwa bermain gadget memberikan efek pada anak balita menjadikannya tidak produktif. Salah satunya anak menjadi malas membaca dan menulis. Hal ini terjadi sebab anak terbiasa dengan visual yang disuguhkan gadget. Jadi menulis dan dan membaca buku menjadi hal yang membosankan. Tentu hal ini juga akan berdampak pada pretasi belajar anak yang akan makin menurun.
 
Memberi Efek Kecanduan

Pengaruh gadget yang paling berbahaya adalah memberi efek kecanduan pada penggunannya. Jika sepanjang hari anak sulit dijauhkan dari gadget itu berati efek candu sudah terjadi.

Berawal dari asik bermain, anak menjadi adiktif sekali. Sehingga mudah merasa gelisah dan marah jika tak diberi gadget. Saat makan dan kemanapun, tidak pernah lepas dari  gadget tentu akan berbahaya bagi kehidupan sosial dan kesehatan mata anak juga ya Moms.

Si Kecil Doyan Main Gadget? Waspada! Ini Dampak Buruknya Pada Perilaku Anak

Sarana Berbuat Curang

Pada era sekarang, bagi beberapa anak usia sekolah, gadget bukan hanya sebagai alat komunikasi, namun juga sebagai sarana berbuat curang. Berbuat curang yang dimaksud di sini adalah dalam hal menjawab soal ulangan, seperti untuk menyalin jawaban pada internet dan contekan dengan teman.
 
Menurunnya Kemampuan Bersosialisasi

Psikolog dari Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro, Jakarta, Jane Cindy, menegaskan bahwa gadget dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. "Gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus-menerus menggunakan gadget dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat," kata Cindy dihubungi di Jakarta, dikutip dari AntaraNews, Selasa (23/1/2018).

Dengan gadget anak menjadi acuh dengan lingkungan sekitar dan tidak paham dengan etika bersosialisasi. Sehingga menurunkan kemampuan bersosialisasi antar sesama dan bahkan anak akan menjadi antisosial.

Nah Moms, untuk itu tadi beberapa dampak yang ditimbulkan jika anak bermain gadget secara berlebihan. Perlu disadari ya Moms jika seperlu apapun gadget untuk anak penggunaannya tetap harus seminimalis mungkin karena anak belum mampu memahami fungsi gadget sebenarnya. Yuk lebih tegas dalam pengawasan agar anak makin belajar tentang baik buruknya gadget.