1. Biasakan Anak Peduli Dengan Orang Lain

5 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Penyayang Dan Ramah
source: https://www.curiousworld.com/

Menumbuhkan simpati dan empati pada anak adalah hal pertama yang akan membuat anak menjadi sosok yang ramah dan penyayang. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak komunikasi dan kontak dengan sesamanya. Jangan biarkan anak terlalu sering menyendiri dengan gadget atau mainannya di rumah. Apalagi jika si kecil adalah anak tunggal yang tidak memiliki saudara.

2. Berikan Contoh Dalam Keluarga

5 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Penyayang Dan Ramah
source: https://parenting.firstcry.com/

Saling membantu dalam keluarga menjadi contoh bagaimana seseorang harus saling peduli dan menyayangi satu sama lain. Buatlah hubungan antar keluarga menjadi dekat dengan selalu menghabiskan waktu bersama, membantu saat ada yang kesulitan, dan menanyakan kabar satu sama lain setelah seharian beraktivitas.

baca juga

3. Ajaklah Anak Diskusi

5 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Penyayang Dan Ramah
source: https://beenke.com/

Ajaklah anak berpikir tentang orang lain dengan berdiskusi bersama. Misalnya, saat terjadi musibah banjir, katakan padanya bahwa para korban banjir sedang mengalami kesulitan. Anak-anak seusianya mungkin sedang kesulitan karena peralatan sekolahnya terendam banjir. Kemudian, ajaklah anak untuk ikut serta dalam membantu korban banjir dengan menyisihkan sedikit uang jajannya.

4. Libatkan Anak Dalam Aktivitas Sosial

5 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Penyayang Dan Ramah
source: http://www.shamieraosment.com/

Beragam aktivitas sosial lingkungan banyak yang melibatkan anak-anak di dalamnya. Tidak hanya untuk para korban bencana atau orang-orang kurang mampu, Mommy juga bisa mengajaknya ikut serta dalam aktivitas lingkungan, seperti aktivitas penanaman pohon atau daur ulang sampah bekas. Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya tampak pada interaksi sesama manusia, tetapi juga alam dan lingkungan.

baca juga

5. Bimbing Anak Mengendalikan Emosi dan Ego

5 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Penyayang Dan Ramah
source: https://www.mamabirdandco.com/

Anak-anak cenderung memiliki ego yang sangat tinggi. Apalagi mengingat ia tumbuh menjadi pusat perhatian orangtua dan orang-orang di sekitarnya. Jika dibiarkan, ia akan menjadi sosok yang egois dan individualis. Jadi, pastikan Mommy mulai mengajarkan anak untuk bisa mengendalikan emosi dan perasaan negatif dengan baik. Jelaskan bahwa perasaan marah, sedih, kecewa, dan lain sebagainya sangat wajar terjadi dan dialami. Kemudian, arahkan anak untuk menyalurkan emosi tersebut ke arah yang positif sehingga tidak menjerumuskan diri menjadi pribadi yang buruk.