Positive Parenting

Positive parenting merupakan pola asuh yang menekankan pembangunan hubungan yang erat antara orangtua dan anak yang melibatkan metode pengasuhan, pengajaran, kepemimpinan, komunikasi, serta pemenuhan kebutuhan anak secara konsisten dan tulus. Secara umum, pola asuh positif ini berfokus pada perkembangan anak ke arah yang positif.

Lagi Hits dan Populer, Yuk Moms Terapkan Positif Parenting Dalam Mengasuh Anak!
source: https://www.thepragmaticparent.com/

Dalam pola asuh positif, para peneliti menekankan bahwa tujuan dari positive parenting adalah untuk menerapkan kedisiplinan dengan cara membangun harga diri anak serta meningkatkan hubungan orangtua dan anak yang saling menghormati dan menghargai. 
 

Lagi Hits dan Populer, Yuk Moms Terapkan Positif Parenting Dalam Mengasuh Anak!
source: https://www.learningliftoff.com/
baca juga

Pendidikan Emosi Anak Pada Positive Parenting

Para ilmuan di Gottman Institute melakukan penelitian mengenai dampak pengasuhan positif dengan mengembangkan program 5 Langkah Pendidikan Emosi yang disusun untuk membangun kepercayaan diri anak-anak serta mengembangkan pertumbuhan intelektual dan psikososial yang sehat dan positif. Lima langkah tersebut meliputi :

  1. Membangun kesadaran akan emosi;
  2. Mempererat hubungan dengan anak dan orangtua;
  3. Komunikasi dua arah antara anak dan orangtua;
  4. Identifikasi emosi; dan
  5. Pencarian solusi
Lagi Hits dan Populer, Yuk Moms Terapkan Positif Parenting Dalam Mengasuh Anak!
source: https://bilingualkidspot.com/

Dengan kata lain, positive parenting adalah sebuah pola asuh yang diterapkan dengan menekankan rasa saling menghormati antara orangtua dan anak. Hubungan antara orangtua dan anak-anak yang didasarkan rasa saling menghormati akan menumbuhkan komunikasi yang dibalut dengan respect. Penekanan ini akan memberikan apresiasi lebih pada orangtua dan anak, menguatkan komitmen, dan menjaga keterbukaan serta kasih sayang satu sama lain.

Lagi Hits dan Populer, Yuk Moms Terapkan Positif Parenting Dalam Mengasuh Anak!
source: https://nurserycollective.com/

Dengan menerapkan positive parenting, Mommy dapat memberikan peluang bagi anak tumbuh tanpa menjadikan ia objek dari sebuah pengasuhan. Ingatlah bahwa parenting tidak hanya terfokus pada perkembangan anak, tetapi juga perkembangan orangtua menjadi sosok yang lebih baik. Pengasuhan anak adalah proses belajar yang terus menerus harus dievaluasi. Melibatkan anak dan menghargai perannya akan membangun hubungan yang lebih baik. Tidak hanya itu, si kecil juga akan tumbuh menjadi individu yang lebih percaya diri, positif, dan memiliki empati yang besar.