Oleh-Oleh Khas Cirebon

1. Jeniper

1. Jeniper

Menyegarkan. Satu kata yang pas untuk menggambarkan sebuah jeniper. Jeniper sendiri adalah minuman yang terbuat dari sari jeruk nipis yang dipercaya secara turun termurun baik untuk menjaga kesehatan dan memberi manfaat lebih dalam berbagai kebutuhan sehari-hari. Minuman Jeniper ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan telah menjadi minuman khas bagi sebagian orang.

Bagi Moms yang sedang mencari oleh-oleh dan berniat untuk membeli Jeniper. Moms bisa memilih ukuran sesuai keinginan, karena jeniper ini tersedia dalam ukuran botol besar dengan isi 620 ml dan kemasan langsung minum dengan isi 100 ml. Pilih yang sesuai ya Moms.

baca juga

2. Sirup Tjampolay

2. Sirup Tjampolay

Pamor sirup ini sudah tidak usah diragukan lagi. Di kota asalnya, sirup tjampolay ini banyak dijadikan bahan untuk membuat es campur karena rasanya yang manis dan warnanya yang menggugah selera. Sirup tjampolay ini sudah ada sejak tahun 1930-an hingga sekarang. Buah tjampolay atau sawo belanda memang sangat menjamur kala itu di Cirebon sehingga terbesitlah untuk dijadikan sirup. Rasanya yang luar biasa manis membuat Moms hanya cukup menambahkan sedikit pada minuman.

3. Kerupuk Melarat

3. Kerupuk Melarat

Alasan utama kerupuk ini di sebut kerupuk melarat karena proses penggorengannya tidak menggunnakan minyak, melainkan menggunakan pasir. Ya, kerupuk ini sangat rendah kalori karena tidak ada tambahan lemak dari minyak goreng. Warnanya yang berwarna-warni dengan ciri khas berwarna pink ini bisa banget dijadikan oleh-oleh. Mengingat anggapan orang Indonesia yang tidak bisa makan jika tidak pakai kerupuk. Biasanya, kerupuk melarat ini dikemas dalam satu plastik besar dan banyak di jual di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.

baca juga

5. Rengginang

5. Rengginang

Favorit keluarga hingga saat ini. Ya, rengginang, Rengginang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan terasi sehingga memberikan aroma yang khas. Rengginang ini pastinya sangat familiar di telinga kita karena kerenyahannya yang tiada tara. Rengginang ini sangat cocok disajikan dengan soto ataupun empal gentong. Aroma khas terasi udang yang menggugah selera, dijamin membuat orang ketagihan.

Jika Moms bermaksud untuk menjadikan rengginang sebagai oleh-oleh, ada baiknya pilih yang masih mentah, karena rengginang ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

5. Tape Ketan

5. Tape Ketan

Tape ketan adalah hasil fermentasi beras ketan dengan ragi. Semakin lama difermentasi, rasa dari tape ketan ini semakin mantap. Biasanya tape ketan dibungkus dengan daun jambu sehingga aroma yang dihasilkan pun semakin khas. Tape ketan untuk oleh-oleh dijual dengan hitungan ember atau besek. Bisa banget nih dijadikan untuk oleh-oleh mengingat selain lezat, ada juga lho manfaat yang diberikan jika memakan tape ketan ini. Namun ingat Moms, jangan sampai terlalu banyak ya.

6. Kue Gapit

6. Kue Gapit

Seperti namanya, kue gapit ini dalam pembuatannya melewati proses di gapit atau di jepit. Bahan utama kue gapit adalah tepung tapioka dan telur. Kue ini merupakan salah satu panganan tradisional di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kue gapit ini cocok untuk dijadikan makanan ringan. Tak hanya rasa asin, kue gapit juga tersedia dalam rasa manis. Jadi Moms bisa memilihnya sesuai selera.

7. Kerupuk Rambak

7. Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak atau kerupuk kulit adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Namun ada juga kerupuk rambak yang hanya terbuat dari tepung tapioka. Rasanya yang gurih dan tekturnya yang renyah bisa membuat Moms lupa diri karena sangat cocok untuk dijadikan cemilan. Namun kini, kerupuk rambak yang terbuat dari kulit kerbau sudah mulai langka lho, Moms. Jadi jangan heran jika Moms lebih banyak menemukan kerupuk rambak yang terbuat dari tepung tapiona. Tapi tak kalah enak kok.

8. Keripik Tempe Sagu

8. Keripik Tempe Sagu

Jika kota Bandung terkenal dengan keripik tempenya, "Kota Udang" ini malah terkenal dengan keripik tempe sagunya. Di jamin Moms akan sangat ketagihan dengan keripik ini, pasalnya keripik tempe sagu ini memiliki cita rasa seperti kerupuk, dengan perpaduan tempe yang kaya akan protein membuat cemilan ini sangat lezat dan bisa membuat lupa diri. Karena bahan utamanya tempe dan sagu, kerenyahannya enggak perlu diragukan lagi Moms. Kita sarankan untuk membeli langsung banyak Moms karena keripik tempe sagu ini sangat cocok untuk cemilan, teman makan dan pasti cepat habisnya apalagi sambil kumpul keluarga.

9. Terasi Udang

9. Terasi Udang

Tak afdol rasanya jika mengunjungi "Kota Udang" namun lupa membeli terasi khas kota Cirebon ini. Karena rebon adalah hasil utama dari kota ini, terasi yang dihasilkan pun memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan terasi instan yang ada di supermarket. Baunya yang pekat dan rasanya yang gurih asli rebon membuat sambal terasi semakin nikmat. Jika Moms berencana untuk membeli terasi sebagai oleh-oleh, Moms bisa memilih ukuran lho, ada yang kecil dan ada yang besar. Namun mengingat baunya yang luar biasa dan rasanya yang kuat, terasi rebon ukuran kecil saja bisa sangat awet lho, Moms.

10. Batik Cirebon

10. Batik Cirebon

Bukan hanya Pekalongan yang terkenal dengan batiknya. Kota Cirebon juga punya lho, yaitu batik Megamendung. Filosofi terciptanya batik Megamendung ini adalah dari segi warna menggambarkan seorang pemimpin dan awan biru sebagai sifat seorang pemimpin yang harus bisa mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpinnya. Selain itu, gradasi warna yang terdapat pada batik Megamendung ini ada tujuh, maknanya diambil dari tujuh lapisan langit, begitupun dengan lapisan bumi/tanah dan jumlah hari dalam seminggu. Walaupun terlihat sederhana, namun dengan makna sedalam itu, mana bisa sih dilewatkan?