Kandungan Kulit Buah Mangga

Kandungan Kulit Buah Mangga

Tak hanya buahnya yang menjadi sumber vitamin dan mineral, ternyata kandungan kulit buah mangga juga mengandung berbagai nutrient yang kaya akan manfaat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kulit buah mangga kaya akan polifenol, karotenoid, serat, vitamin C dan senyawa lain yang tak kalah manfaatnya. Lalu apa saja sih manfaat kulit mangga bagi kesehatan?

Manfaat Kulit Buah Mangga untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Mangga untuk Kesehatan

Dengan begitu banyak kandungan yang terdapat dalam kulit mangga, tentunya akan baik juga efeknya untuk kesehatan. Menurut penelitian yang telah dilakukan makanan yang kaya akan vitamin C, polifenol dan karotenoid secara kognitif dapat meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, ekstrak kulit mangga memiliki sifat antioksidan dan antikanker yang lebih baik dibandingkan dengan ekstrak buah mangga sekalipun. Kabar lainnya, kulit buah mangga juga kaya akan zat triterpen dan triterpenoid, yaitu senyawa yang bermanfaat sebagai antikanker dan antidiabetes.

baca juga

Manfaat Kulit Buah Mangga untuk Diet

Manfaat Kulit Buah Mangga untuk Diet

Selain kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh, kulit mangga juga baik untuk program diet. Pasalnya, kulit mangga mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi dibanding buah mangga itu sendiri. Serat sangat baik untuk pencernaan, selain dapat membuat proses pembuangan lancar, serat juga membuat perut merasa kenyang lebih lama karena serat diproses secara lambat di dalam perut. Moms bisa terhindar deh dari keinginan untuk ngemil yang tidak perlu.

Bolehkah Kulit Mangga Dimakan?

Bolehkah Kulit Mangga Dimakan?

Lantas dengan segala kebaikan itu, apakah kulit mangga boleh dikonsumsi secara langsung? Jawabannya, belum tentu Moms. Ada beberapa alasan yang bisa Moms pertimbangkan ketika akan mengkonsumsi kulit buah mangga yang kaya akan manfaat, diantaranya:

  1. Mengandung residu pestisida, tak bisa dipastikan bahwa buah yang kita konsumsi bebas dari pestisida karena kebanyakan petani menggunakan pestisida untuk merawat tanaman mereka. Pestisida dapat menempel dan sangat mungkin untuk termakan.
  2. Menyebabkan alergi, kulit mangga tinggi akan kandungan urushiol. Zat ini merupakan zat organik yang bisa saja menimbulkan alergi terhadap beberapa orang.