Sepatu adalah salah satu fashion item yang banyak menjadi favorit. Meskipun terletak di bawah, sepatu yang bagus dan unik bisa menjadi fashion statement dalam sebuah penampilan. Bagi wanita tersedia berbagai macam model sepatu, selain harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan, moms juga harus mengerti beragam jenis bahan sepatu yang moms miliki.

Salah-salah moms bisa merusak sepatu kesayangan yang masih baru jika tidak tahu cara tepat dalam merawatnya. Berikut beberapa tips merawat sepatu sesuai dengan bahan pembuatnya yang harus moms tahu.

Jangan Asal Moms, Ini Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya

Kulit Asli

Memiliki setidaknya satu pasang sepatu berbahan kulit asli bisa dibilang sebagai investasi, selain karena kebanyakan sepatu berbahan kulit asli memiliki model yang timeless, sepatu dengan bahan kulit juga bisa awet bertahun-tahun dan akan selalu diperlukan untuk menghadiri acara formal. Tapi merawat sepatu berbahan kulit agar selalu terjaga ternyata tidak mudah loh moms.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat sepatu berbahan kulit asli adalah jangan menyimpannya dalam tempat yang lembab, hindarkan sepatu dari air, jadi jangan mencucinya, cukup semir sepatu secara rutin dengan warna semir yang sesuai. Bila sepatu basah, hindari untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung, dan simpan sepatu di dalam kotak khusus agar bentuknya tetap terjaga dan tidak tertindih barang lain.  

Kulit Asli
baca juga

Kulit Sintetis

Meskipun sepatu berbahan kulit sintetis memiliki harga yang cenderung lebih murah dibanding kulit asli, tapi tetap harus dirawat dengan baik loh moms. Perawatan sepatu berbahan kulit sintetis tidak jauh berbeda dengan kulit asli, yaitu jangan menyimpannya dalam tempat lembab,. Jika diperlukan untuk mencuci sepatu, cuci dengan sikat khusus sesuai bagian sepatu dan jangan gunakan detergen, cukup bilas dengan air hangat. Hindari mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung dan simpan dalam kotak yang telah diberi silica gel. 

Kulit Sintetis

Suede

Suede adalah salah satu bahan baku sepatu yang amat susah untuk dirawat. Meski begitu,
penggemar sepatu ini tidak berkurang karena sepatu berbahan suede memiliki tekstur bahan yang halus, tipis, dan sedikit berbulu sehingga sangat nyaman dan bagus digunakan. Jika moms adalah salah satu penggermar sepatu berbahan suede, maka cara pertama dalam merawatnya yaitu jangan pernah bersihkan sepatu dengan air karena dapat merusak tekstur dan warna sepatu.

Sebaiknya bersihkan noda pada sepatu dengan cuka putih dan lap menggunakan handuk. Jika sepatu suede terkena cairan, tepuk-tepuk area yang basah dengan kain bersih lalu taburi dengan bedak tabur atau corn meal, diamkan semalaman dan bersihkan lagi esok hari. Untuk perawatan rutin cukup gosok sepatu dengan sikat gigi kering atau handuk bertekstur.  

Suede
baca juga

Kanvas

Sepatu berbahan kanvas umumnya digunakan untuk olahraga atau acara yang lebih kasual. Untuk merawat sepatu berbahan ini moms bisa mencucinya dengan detergen atau sabun pencuci piring, tapi jika akan menggunakan detergen untuk mencuci sepatu jangan langsung menuangnya, sebaiknya rendam dulu sepatu dalam larutan detergen selama beberapa saat. Setelah dicuci bilas sepatu dengan air hangat agar warnanya lebih awet. Kemudian untuk mengeringkannya pastikan sepatu kanvas terkena sinar matahari yang cukup, hindari menjemur semalaman karena bisa membuat sepatu lembab dan bau.

Kanvas

Jelly

Sepatu berbahan jelly mungkin terlihat mudah dirawat karena noda yang menempel bisa langsung hilang dalam sekali usap. Tapi salah dalam merawat sepatu jelly bisa membuat sepatu ini tidak awet dan warnanya jadi kusam loh moms. Jika sepatu jelly terkena noda sebaiknya sikat bagian tersebut dengan sikat gigi dan air hangat, hindari untuk membersihkan sepatu jelly sampai bagian dalam.

Jika noda yang melekat pada sepatu cukup bandel, moms bisa merendam sepatu beberapa saat dalam larutan baking soda. Setelah itu keringkan dengan diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Untuk menjaga sepatu jelly tetap terjaga sebaiknya simpan di dalam kotak dan lapisi dengan kertas putih.

Jelly