Lebaran Moment Makan Bersama Keluarga

Lebaran merupakan saat kebahagiaan bersama keluarga. Nah, berkumpul bersama keluarga cenderung dengan makan besar. Berbagai jenis makanan yang terbaik akan disajikan untuk menghangatkan keluarga besar. Maka sangat mungkin bagi kamu untuk mengkonsumsi makanan dengan jenis yang bermacam-macam.

Tapi jangan lupa moms, kesehatan juga penting untuk diutamakan. Selain menikmati makanan sesuai keinginanmu, moms juga harus berhati-hati agar mengontrol diri ya.

Pola Makan Yang Baik Saat Lebaran

Selain memasak dan menyajikan makanan terbaik saat lebaran, kamu juga perlu memperhatikan pola makan yang baik saat lebaran moms. Tentunya bukan karena membatasi diri untuk berbahagia pasca berpuasa, melainkan demi menjaga kesehatan agar tidak sakit saat lebaran. Nah moms, berikut pola makan yang baik saat lebaran yang perlu kamu perhatikan!

baca juga

Batasi Jenis Makanan Tertentu

Makanan bersantan dan makanan manis pastinya akan banyak tersaji di meja makan saat lebaran. Nah moms, ternyata makanan-makanan tersebut memiliki dampak yang kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Maka, sangat dianjurkan bagi moms dan keluarga untuk membatasi makanan bersantan dan manis. 

Batasi Jenis Makanan Tertentu

Makanan bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol. Begitu juga dengan makanan manis, makanan manis bisa menjadi sebab penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi bisa mengintai kamu jika berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Stop Makan Saat Sudah Merasa Kenyang

Melihat makanan yang beragam kadang membuat kita lupa bahwa kondisi perut terbatas. Saat perut kenyang, maka kamu harus segera menghentikan konsumsi makanan. Tentunya agar tidak berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan moms.

Stop Makan Saat Sudah Merasa Kenyang

Adapun jika kamu merasakan hal tersebut segeralah untuk mengalihkan nafsu makan dengan meminum banyak air putih atau mengalihkan dengan aktifitas lain. 

baca juga

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Berbagai makanan yang masuk ke dalam perut pasti akan menghadirkan sisa makanan dalam tubuh. Jika menumpuk semakin banyak maka akan menimbulkan sembwlit yang mengganggu. Nah, moms salah satu solusi yang aman adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, agar zat sisa tersebut dapat dikeluarkan melalui veses. Serat tersebut dapat moms temukan pada sayur dan buah.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Selain pola makan, perhatikan juga kebersihan rumah usai berkumpul bersama keluarga. Biasanya rumah jadi berantakan dengan banyaknya sampah, sisa makanan dan cucian piring yang menumpuk. Rumah yang bersih membuat penghuninya nyaman dan kesehatan keluarga tetap terjaga. Sebaliknya, rumah yang jarang dibersihkan bisa mengancam keluarga sehat loh! Untuk tips sederhananya, Moms bisa klik di sini.