Charity Project

4 Aktivitas Menyenangkan Untuk Mengajarkan Anak Tentang Uang
source: https://www.kiplinger.com/

Kebiasaan finansial yang paling penting adalah bagaimana seseorang dapat berbagi dan beramal pada sesama. Memperkenalkan uang sebagai media untuk menyenangkan orang yang membutuhkan dapat mulai diajarkan sejak anak berusia 4 tahun. Mulailah dengan berbicara pada anak tentang alasan mengapa kita perlu memberi, dan bagaimana beberapa rupiah saja dapat membuat kebahagiaan besar bagi orang-orang yang membutuhkan.

Selanjutnya, buatlah proyek rumahan untuk menabung bersama yang hasilnya nanti akan disumbangkan untuk kegiatan amal. Jangan lupa untuk ajak si kecil saat Mommy sedang menyalurkan dana yang akan diberikan pada mereka yang membutuhkan.

The Butterfly Effect

4 Aktivitas Menyenangkan Untuk Mengajarkan Anak Tentang Uang
source: https://thechive.com/

Selanjutnya, keterampilan pengaturan uang yang penting untuk diajarkan pada anak usia 4 hingga 5 tahun adalah menunda keinginan sementara. Tanpa disadari, ini adalah keterampilan utama yang dibutuhkan orang dewasa saat melakukan pengeluaran yang cerdas, membiasakan diri menabung, dan mengasah kemampuan berinvestasi untuk jangka panjang.

Saat anak menginginkan sesuatu, Mommy dapat memintanya untuk menunda keinginan tersebut sementara. Kemudian, ajaklah anak untuk melakukan pengamatan pada ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. Berikan penjelasan bagaimana kesabaran dan pertimbangan yang matang akan memberikan hasil yang lebih indah dan menyenangkan. Seperti halnya kupu-kupu dengan segala prosesnya yang bertahap.

baca juga

Saving Activity

4 Aktivitas Menyenangkan Untuk Mengajarkan Anak Tentang Uang
source: https://www.moneycrashers.com/

Jika anak sudah mulai bisa mengendalikan keinginannya, ia akan bisa mulai menjalani kebiasaan menabung. Mulailah dari hal-hal kecil dan sederhana, seperti misalnya saat anak ingin membeli camilan tertentu, berikanlah ia uang secara bertahap dan biarkan ia menyimpannya. Saat sudah terkumpul, ia baru akan bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Kebiasaan ini juga dapat mencegah anak boros di masa depan.

Cooking and Budgeting

4 Aktivitas Menyenangkan Untuk Mengajarkan Anak Tentang Uang
source: https://www.kidspot.com.au/

Materi keuangan selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah mengajarkan anak cara mengatur anggaran. Salah satu cara untuk mengajarkan anak materi budgeting adalah dengan memberikannya sejumlah uang yang nantinya harus digunakan untuk membeli bahan-bahan memasak. Mintalah ia untuk membuat daftar bahan-bahan yang harus dibeli dan harganya, kemudian sesuaikan dengan uang yang ada.