Sebab Akibat Sebuah Kejadian

Langkah pertama yang harus Mommy lakukan dalam mendidik anak yang bertanggung jawab adalah dengan membuatnya paham mengenai konsep sebab akibat. Hal ini merupakan langkah dasar yang perlu diperhatikan agar anak benar-benar paham mengenai apa yang akan terjadi jika ia melakukan sesuatu hal. Semuanya dapat dijelaskan melalui kasus-kasus sederhana di kehidupannya sehari-hari, seperti :

  • Jika kamu belajar dengan giat, kamu mendapat nilai A pada ujian di sekolah.
  • Karena kamu melompat pada genangan air, sepatumu sekarang menjadi basah.

Setiap kali ia mengalami sebuah pengalaman, bantulah ia untuk mengidentifikasi sebab dan akibat mengapa hal tersebut terjadi. Dengan begitu, akan semakin mudah baginya untuk berpikir sebelum bertindak karena mempertimbangkan akibat dari apa yang dilakukan.

Jadikan Kejujuran Mudah

Biasakan Sejak Dini, Ini Cara Tepat Mengajarkan Anak Tanggung Jawab
source: https://www.parentcircle.com/

Jika Mommy ingin si kecil menunjukkan kejujuran, pastikan Mommy selalu menjaga sikap untuk tetap tenang ketika mengungkapkan ketidakpuasan atau kemarahan Mommy tentang perilaku buruknya. Menjaga diri tetap tenang akan membuatnya tetap nyaman dan merasa aman dengan kejujurannya dan menyesal dengan perbuatan buruk yang telah dilakukan. Biarkan dia tahu bahwa semua orang membuat kesalahan dan yang paling penting adalah dia mengatakan kejujuran, belajar dari pengalaman, dan mencoba memperbaiki kesalahannya. 

baca juga

Tegas Pada Aturan

Biasakan Sejak Dini, Ini Cara Tepat Mengajarkan Anak Tanggung Jawab
source: https://www.wards-blog.com/

Meskipun begitu, pastikan juga Mommy tetap berlaku tegas atas kesalahan yang dilakukan. Ungkapkan kemarahan dengan cara yang tepat sehingga tidak membuat anak takut pada Mommy melainkan takut untuk mengulangi kesalahannya. Selaini tu, dalam melatih anak bertanggung jawab, ia perlu belajar menerima konsekuensi dari kata-kata, tindakan, dan keputusannya. Mommy dapat membuat kesepakatan atas kesalahan yang dilakukan dengannya dan biarkan ia menjalani hukuman atau konsekuensi atas apa yang telah disepakati.

Memantau Progress

Biasakan Sejak Dini, Ini Cara Tepat Mengajarkan Anak Tanggung Jawab
source: https://www.beliefnet.com/

Mungkin si kecil tidak akan menunjukkan secara langsung bagaimana ia akan bertanggung jawab atas kesalahannya. Namun, ingatlah bahwa ini semua merupakan proses pendidikan dan pembelajaran. Biarkan anak belajar perlahan dari pengalaman. Yang terpenting adalah Mommy tetap menjaga kedekatan dan komunikasi yang baik sehingga proses mendidik anak dapat berjalan dengan lebih baik.